Ada salah satu bentuk pinjaman bunga rendah yang dikembangkan oleh suatu lembaga keuangan Amartha. Pinjaman ini mempunyai sifat unik dan biasanya digunakan untuk modal usaha. Karena di dalamnya ada proses menarik. Dimulai dari jenis pendanaannya. Amartha akan memberikan persetujuan bagi calon mitra untuk meminjam sejumlah uang. Asalkan dana pemberian amartha itu dipakai untuk tujuan produktif. Yakni memulai usaha, menambah modal, dan mengembangkan usaha. Sebelum peminjam disetujui, merekah harus membuat profil lengkap tentang dirinya dan juga usaha yang dilakukan. Hal tersebut penting dilakukan mengingat pihak investor akan melihat dan menganalisis secara teliti seperti apakah kualitas peminjam. Karena mereka juga tak ingin salah dalam menggelontorkan sejumlah dana.

Setelah data masuk ada kebijakan lainnya yang tak kalah menariknya yakni penerapan skor kredit memakai pendekatan machine learning. Di sini setiap individu calon penerima pinjaman akan dilakukan proses seleksi dulu. Apakah dia layak atau tidak untuk mendapatkan kucuran dana usaha. Amartha menggunakan sistem algoritma skor kredit. Alat itu dipakai untuk memberikan penilaian. Peminjam akan dinilai berdasarkan analisa usaha, serta kepribadian seperti apa. Hasilnya akan diketahui berupa grade. Grade itu sendiri terdiri dari A, A-, E, dan lainnya. Fungsi dari penilaian ini untuk mengetahui proses berhasilnya melakukan pembayaran dan peluang adanya gagal bayar.

Bentuk dari pinjam uang online dengan bunga rendah milik Amartha ini menerapkan model group lending. Setiap individu yang bertempat tinggal dalam satu daerah membentuk grup. Grup ini akan mengikuti program pendampingan setiap minggunya. Mereka akan diberikan arahan mengenai pengaturan keuangan dan pengelolaan usaha. Yang mana dua hal tersebut mampu mengurangi dampak buruk terhadap pinjamannya nanti. Anggota akan meminimalkan risiko kredit seperti gagal bayar, adanya tunggakan. Karena mereka mampu mengelola dana untuk keperluan semestinya. Bukan dimanfaatkan demi kebutuhan konsumtif. Sehingga saat tiba waktu yang ditentukan akan ada uang untuk membayar apa yang menjadi kewajibannya.

Ketika suatu waktu terjadi masalah sekalipun. Pinjaman uang bayar bulanan ini tidak sampai membuat investor dan Amartha merugi. Karena ada dua cara untuk menekan masalah itu. Hal pertama dengan adanya tanggung renteng. Ketika ada yang mengalami kendala dalam pembayaran. Semua anggota dalam grup akan menanggungnya. Mereka akan melakukan secepat mungkin tanpa menimbulkan masalah bagi pihak pemberi dana. 

Cara lainnya pihak Amartha telah menyediakan asuransi kredit. Yang mana asuransi ini akan melekat pada setiap dana pinjaman modal usaha. Berapapun jumlahnya selalu ada asuransi ini. Hal tersebut sebagai wujud dalam meminimalkan dampak kerugian yang akan dialami investor. Jika terjadi sesuatu pihak asuransi yang ditunjuk langsung mengcovernya  tanpa menunggu waktu lama. Dengan begitu kedua belah pihak yakni Amartha dan investor tidak sampai mengalami kerugian besar. Itulah untungnya memakai amartha sebagai partner pemberi pinjaman dan investasi. Semua dipermudah dalam satu langkah saja.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here