Cara Screenshot di Laptop Lenovo Windows 11

Tangkapan layar, sebut saja apa saja, itu adalah cara unik untuk mengambil snapshot dari aktivitas yang dilakukan di laptop atau desktop. Cuplikan layar berguna saat Anda ingin menambahkan cuplikan pekerjaan Anda dalam presentasi atau berbagi percakapan dengan rekan kerja. Menangkap layar dan menyimpannya sebagai file gambar adalah salah satu cara terbaik untuk membagikan hal-hal penting.

Jika Anda menggunakan Laptop Lenovo dan mencari Cara Screenshot di Laptop Lenovo Windows 11, Anda membaca postingan yang tepat karena kami akan membahas cara mengambil tangkapan di Laptop Lenovo Windows 11 seperti yang kami kutip dari situs Oteknologi.com.

Cara Screenshot di Laptop Lenovo Windows 11

Karena Laptop Lenovo hadir dengan sistem operasi Windows, menangkap tangkapan layar itu mudah. Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Laptop Lenovo dengan beberapa klik keyboard.

Untuk merekam Layar Penuh saat menggunakan Laptop Lenovo, klik tombol Print Screen (PrtScn atau Prt SC) di bagian atas keyboard.

Catatan : Tangkapan layar yang diambil tidak akan langsung disimpan; itu akan disalin ke clipboard. Untuk menyimpannya sebagai file gambar, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka MS Paint atau program apa pun yang Anda gunakan untuk mengedit gambar.

Tekan CTRL + V untuk menempelkan gambar yang diambil.

Simpan file sebagai JPG atau PNG.

Sekarang, Anda dapat menggunakan tangkapan layar sebagai gambar di mana pun Anda mau.

Tangkap Layar Sebagian

Jika menangkap layar penuh tidak ada dalam daftar Anda, Anda dapat mengambil wilayah tertentu menggunakan Windows Key + Shift + S (pada Windows 10 dan 11) atau dapat menggunakan TweakShot, alat penangkap layar.

Saat Anda menekan tombol Windows + Shift + S, layar akan memudar, dan kursor akan berubah menjadi kursor crosshair. 2. Pilih area layar yang ingin Anda tangkap. Ir akan disalin di clipboard. 3. Untuk menempelkannya, buka MS Paint atau perangkat lunak pengedit gambar lainnya. 4. Tekan CTRL + V untuk menempelkan tangkapan layar > simpan, dan hanya itu.

Dengan menggunakan pintasan keyboard ini, Anda dapat dengan mudah menangkap layar. Namun, jika Anda ingin menangkap jendela aktif, bidang persegi panjang, atau mengedit layar yang diambil, lalu? Saat itulah TweakShot, salah satu alat penangkap layar terbaik, sangat berguna.

Cara Screenshot di Laptop Lenovo Windows 11 Menggunakan TweakShot Screen Capture Tool

Unduh dan instal Tweakshot

Jalankan TweakShot, alat penangkap layar yang memungkinkan pengambilan tangkapan layar layar penuh, menggulir jendela, wilayah yang dipilih, dan bahkan merekam layar.

Pilih opsi tangkapan layar sesuai pilihan Anda dari bilah alat Mata Besar.

Alternatifnya, buka baki sistem > klik ikon TweakShot untuk memilih opsi untuk menangkap layar.

Ini akan membantu mengambil screenshot di Laptop Lenovo sesuai pilihan Anda.

Bagaimana Cara Mengedit Tangkapan Layar yang Diambil Menggunakan TweakShot?

Alat TweakShot Screen Capture tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar tetapi juga memungkinkan untuk mengedit layar yang diambil. Untuk mempelajari cara menggunakan TweakShot, baca petunjuk di bawah ini:

Setelah tangkapan layar diambil menggunakan TweakShot, maka secara otomatis akan terbuka di editor gambar TweakShot.

Anda dapat menggunakan opsi pengeditan di sebelah kiri, seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah untuk melakukan perubahan:

Sekarang, Anda dapat memotong, memutar, membalik, dan membuat perubahan lainnya.

Pilih area yang ingin Anda edit.

Bersamaan dengan ini, Anda dapat menambahkan anotasi dan teks serta menyorot bagian-bagian penting.

Begini cara edit screen capture di Laptop Lenovo.

Apalagi jika mau, Anda bisa Mengunggah tangkapan layar di Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Ini membantu mengakses gambar dari mana saja Anda inginkan. Berbeda dengan alat tangkapan layar lainnya, TweakShot Screen Capture bahkan memungkinkan perekaman video dan menangkap jendela yang sedang bergulir. Ini adalah fitur yang luar biasa, dan ini membantu saat Anda ingin menangkap halaman web yang lengkap.

Kesimpulan

Dengan menggunakan langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di Laptop Lenovo windows 11. Anda dapat menggunakan pintasan keyboard jika tidak ingin menggunakan TweakShot.

Namun, jika Anda ingin menangkap dan mengedit tangkapan layar secara bersamaan, menggunakan TweakShot adalah ide terbaik. Alat ini akan membantu menghemat waktu dan memungkinkan Anda merekam permainan dan aktivitas lainnya. Kami harap Anda akan mencoba TweakShot – Tangkapan layar dan alat editor gambar.