4 Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Pemicu batuk ada berbagai macam. Batuk merupakan refleks dari perlindungan diri tubuh terhadap benda asing yang masuk melalui sistem pernapasan. Cara mengatasi batuk pada anak berbeda-beda tergantung apa yang menyebabkan anak batuk. Mengetahui sebab batuk membantu menjaga kesehatan anak.

Mengatasi Batuk pada Anak

Batuk karena asma, radang, flu, atau alergi memiliki gejala yang berbeda. Anak yang mengalami asma akan batuk disertai dengan sesak napas. Jika anak memiliki alergi, maka batuk yang timbul bisa sangat lama. Batuk karena radang dan flu biasanya disertai dengan tenggorokan sakit. Ketika flu, gejala batuk akan disertai demam dan juga sakit kepala.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi batuk pada anak:

1.     Mengenali Alergi dan Menjauhkannya

Batuk karena alergi dipicu oleh alergen, misalnya seperti udara dingin dan debu. Untuk mengetahui dan mengenali alergi, bawalah anak Anda ke dokter untuk berkonsultasi mengenai tes alergi.

Selain tes alergi, Anda bisa menjauhkan sumber-sumber alergen pada anak. Misalnya, menggunakan masker ketika berada di luar rumah untuk menghindari debu dan polusi.

Batuk karena alergi dingin menyebabkan tenggorokan cepat mengering. Saat udara mulai dingin, berilah anak-anak minuman yang hangat agar tenggorokan tetap lembab. Anda bisa menambahkan air hangat dengan madu sehingga melegakan tenggorokan si kecil. Banyak minum air putih akan membantu mengatasi batuk karena alergi

2.     Membatasi Makanan Berlemak dan Minuman Soda

Makanan berlemak dan minuman mengandung soda memicu adanya peradangan di tenggorokan. Peradangan ini biasanya menyebabkan gejala batuk. Cara mengatasi batuk pada anak adalah menghindari dan membatasi kedua pemicu ini.

Jika sudah ada peradangan, makanan berlemak dan minuman bersoda akan memperparah tenggorokan. Kesembuhan dari peradangan tentu akan lebih lama. Untuk mengatasi radang, konsultasikanlah pada dokter untuk mengonsumsi antibiotik yang tepat.

3.     Menggunakan Humidifier di Dalam Ruangan

Humidifier berfungsi untuk melembabkan ruangan yang kering. Alat ini juga bisa menunjang kesehatan karena membersihkan udara dari bakteri dan kuman. Ketika mengalami batuk karena flu, tentu badan anak Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Hidung tersumbat dan juga napas cukup sesak karena sering batuk. Humidifier membantu melegakan pernapasan sehingga tidur anak Anda akan lebih nyenyak.

Gunakan air bersih untuk mengisi humidifier dan bersihkanlah secara rutin setidaknya satu minggu sekali agar tangki air tidak kotor. Jika humidifier kotor, maka alat ini akan menyemburkan uap yang kotor dan akan menyebarkan bakteri di ruangan.

4.     Rutin Membersihkan Rumah

Salah satu pemicu alergi pada anak anak adalah debu dan hewan seperti kecoak. Oleh karena itu, bersihkanlah rumah secara rutin agar terhindar dari debu serta kecoak. Bila perlu, Anda juga bisa memanggil jasa bersih-bersih rumah.

Salah satu furniture yang harus dibersihkan agar terhindar dari debu adalah tempat tidur. Bersihkan dan jemur tempat tidur secara rutin agar debu yang menempel terangkat.

Cara mengatasi batuk pada anak berbeda-beda tergantung pada pemicu batuknya. Hubungilah dokter apabila terjadi gangguan pernapasan, wajah dan muka memucat, demam tidak kunjung turun, dan jika mengeluarkan dahak darah. Perhatikanlah kesehatan anak secara disiplin agar Anda bisa mengatasinya dengan segera.