Software payroll kian marak digunakan di berbagai perusahaan, karena secara signifikan mampu membantu berbagai pekerjaan khususnya tugas di divisi HRD. Itu karena software akan memproses perhitungan gaji secara otomatis setelah HR memasukkan beberapa informasi. Namun agar software dapat memberi manfaat yang optimal, pastikan aplikasi ini memiliki fitur fitur berikut.

Fitur Penting Payroll Software

1. Fitur Pemrosesan Penggajian yang Efektif

Tentunya fitur proses penggajian adalah fitur utama yang harus ada pada payroll software. Meski semua aplikasi penggajian memiliki fitur ini, namun sebagian sistem payroll tentu menawarkan integrasi yang lebih unggul. Seperti mampu menghubungkan sistem aplikasi, upah lembur, dan lainnya dengan akurat dan tepat.

Anda perlu mencari aplikasi dengan fitur pemrosesan penggajian yang efektif agar dapat lebih menghemat banyak waktu. Bahkan jika perlu terdapat integrasi dengan sistem akuntansi supaya HRD dapat memasukkan rincian pembayaran bulanan secara praktis. Integrasi sempurna seperti ini adalah jawaban bagi anda yang mencari efisiensi bisnis.

2. Fitur Employee Self Service

Fitur penting yang sebaiknya dimiliki oleh software payroll yaitu employee self service. Keberadaan fitur ini memungkinkan karyawan untuk mengakses data sendiri. Yakni data data yang berkaitan dengan riwayat gaji, bonus, waktu kerja, potongan, serta reimbursement.

Semua data tersebut akan tercatat dengan rapi dan detail di dalam sistem, kemudian digunakan untuk perhitungan gaji di akhir bulan. Transparansi gaji ini tentu akan meningkatkan loyalitas karyawan. Bahkan mereka dapat melakukan reimbursement, melihat slip gaji online dan mencetaknya, sampai melihat berapa sisa cuti yang dimiliki.

3. Pengarsipan dan Perhitungan Pajak

Agar sesuai dengan regulasi pemerintah, cari software yang mempunyai fitur pengarsipan dan perhitungan pajak akurat. Ini membuat sistem mampu mengisi formulir pajak sesuai kebutuhan perusahaan dan karyawan. Namun pastikan bahwa sistemnya terus mengalami pembaruan dengan peraturan pajak terkini agar perhitungannya tidak salah.

4. Pencairan Bank Secara Langsung

Tidak hanya perhitungan gaji otomatis, namun pembayaran gaji bulanan yang dapat dilakukan secara otomatis dan terjadwal tentunya akan sangat menghemat waktu pekerjaan seorang HR. Fitur ini memungkinkan pembayaran gaji bulanan karyawan langsung masuk ke rekening bank mereka. Metode tersebut sekaligus mampu mengeluarkan penggunaan cek kertas, sehingga mengurangi risiko cek hilang dan lain lain.

5. Keamanan Sistem yang Tinggi

Sangat penting untuk memastikan bahwa software payroll yang anda pilih memiliki fitur keamanan sistem tinggi. Mengingat bahwa data data yang dimasukkan ke dalam sistem merupakan semua rincian pribadi masing masing karyawan yang bersifat rahasia. Sehingga data tersebut tidak boleh sampai bocor atau hilang.

Itu dia fitur fitur penting yang harus ada pada payroll software. Pastikan aplikasi penggajian yang anda pilih memilikinya agar manfaat perangkat lunak tersebut benar benar terasa. Salah satu software yang memiliki fitur lengkap dan mumpuni seperti ini yaitu SPISy dari Sakura System Solution, sehingga anda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan.