Tanda-tanda penuaan tidak bisa dihentikan seiring bertambahnya usia. Namun, mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu memperlambat proses penuaan, seperti munculnya kerutan yang terlalu cepat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang makanan mana yang bisa memperlambat proses penuaan, berikut enam makanan anti penuaan, dilansir dari tagarberita.com

 

Alpukat

Alpukat mengandung antioksidan anti penuaan seperti vitamin B, C, folat, magnesium, lutein dan beta-karoten. Alpukat juga kaya akan jenis lemak tak jenuh (monounsaturated fat) yang meningkatkan antioksidan untuk mencegah porses penuaan.

 

Paprika Merah

Sayuran ini kaya akan vitamin C, antioksidan yang merangsang produksi kologen yang baik untuk kulit. Paprika juga kaya akan karotenoid, yang memberi mereka warna kuning-merah dan melawan peradangan. 

 

Berry

Buah beri adalah sumber antioksidan yang baik dan dapat menangkal radikal bebas, yang juga dikenal sebagai pemicu penuaan dini. Namun perlu diingat bahwa setiap jenis berry memiliki kandungan antioksidan yang berbeda. Namun, dalam hal nutrisi, blueberry adalah salah satu sumber terbaik.

 

Selada Air

Selada air adalah sayuran ringan yang mengandung beta-karoten empat kali lebih banyak daripada apel dan 238 persen dari dosis harian vitamin K yang direkomendasikan per 100 gram. Senyawa ini dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Selada air yang kaya akan berbagai vitamin, mineral dan nutrisi juga dapat bertindak sebagai antiseptik kulit dan meningkatkan aliran mineral ke kulit. Ini memberikan lebih banyak oksigen di kulit dan mencegah penuaan.

Tak hanya itu, selada air kaya akan vitamin A dan C, keduanya merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas. Kemudian kaya akan kalsium, yang akan menjaga tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia. Kandungan karotenoid dalam selada air juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan faktor lingkungan.

 

Badam

Almond kaya akan vitamin E, yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Bahkan dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan dapat menangkal sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan.

 

Kacang

Kacang juga merupakan tambahan yang bagus untuk diet Anda setelah usia 50 tahun karena diketahui memperlambat proses penuaan dan meningkatkan penurunan kognitif.

“Kacang adalah sumber yang baik dari banyak nutrisi yang dapat memperlambat penuaan, seperti antioksidan, lemak sehat untuk jantung, dan mineral,” kata Holly Klamer, MS, RDN, ahli diet terdaftar dan penulis My Crohns And Colitis Team.