Rekreasi Air Terjun di Bali ya Bali selainnya kaya rekreasi bangunan monumental dan pantai, tempat rekreasi air terjun di Bali juga benar-benar bermacam dan akan memberinya kepuasan tertentu. Bila memerlukan beberapa rekomendasi lokasi tempat rekreasi air terjun di Bali, referensi berikut sekiranya bisa menolong Anda dalam tentukan tujuan air terjun yang mana ingin dikunjungi yang disebut tempat rekreasi di bali.

Air Terjun Tegenungan

Lokasi berlibur satu ini bisa diketemukan saat Anda jalan-jalan di teritori Ubud ada banyak tempat rekreasi di ubud bali namanya Air Terjun Tegenungan, objek rekreasi ini cukup populer di kelompok pelancong asing hingga membuat jarang-jarang sepi pengunjung. Mempunyai nama lain Air Terjun Kemenuh, lokasi dari air terjun ini berada di Kecamatan Sukawati yang persisnya berada di Dusun Kemenuh, Kabupaten Gianyar. Untuk sampai di Air Terjun Tegenungan, ada beberapa ratus jumlah anak tangga yang perlu dilalui dari tempat Anda parkir.

Tidak berasa capek saat menuruni anak-anak tangga itu, tetapi saat pulang dan harus kembali ke arah tempat parkir karena itu Anda akan berasa kecapekan dalam naiki anak tangga itu. Untuk pelancong yang menyukai berpetualang dan trackking, ini tidak ada apa-apanya. Debet air dari air terjun yang berketinggian sekitaran 4 mtr. ini lumayan banyak dan berwarna juga jernih membahagiakan. Mandi atau bermain air di sini dibolehkan karena termasuk aman.

Pengunjung tidak dikenai ongkos agar bisa masuk dan nikmati panorama Air Terjun Tegenungan.
Saat dahulu ada pertunjukan bungee jumping, pengunjung memang dikenai ongkos masuk (Rp 4 ribu untuk dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak), tetapi sekarang bungee jumping telah dihilangkan.

Air Terjun Gitgit

Jika Anda dari Kuta, karena itu jarak yang penting dilakukan ialah sekitaran 80 km sama waktu menempuh perjalanan lebih kurang dua 1/2 jam. Ada di teritori Buleleng, lokasi air terjun ini terhitung gampang dicapai karena lumayan dekat dari jalan raya yang menyambungkan kota Singaraja dengan Denpasar, Bedugul. Untuk medan ke arah ke arah tempat ini sebenarnya cukup bagus dengan aspal hot mix. Namun, karena terletak yang berada di tempat pegunungan, tetap beberapa pengunjung harus lewat beragam turunan dan tanjakan dan medan berliku-liku ditambah lagi kabut yang dapat memendekkan jarak pandang.

Air terjung dengan tinggi capai sekitaran 48 mtr. ini sebagai air terjun tertinggi di Bali. Daya magnet dari objek rekreasi ini ialah airnya sendiri yang terlihat bersih dan jernih hingga banyak pelancong yang beraktivitas mandi di kolam air terjun sisi bawah. Ada beberapa kios penjual cenderamata yang dapat didatangi jika Anda berminat untuk belanja oleh-olehan. Kios penjual minuman dan makanan juga lumayan banyak hingga Anda bisa isi perut secara mudah.

Pengunjung dikenai ongkos masuk, Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.
Beberapa kebun kopi dan kebun cengkih bisa dikunjungi saat ke arah Air Terjun Gitgit.

baca : Tempat Rekreasi di Nusa Penida Bali

Air Terjun Sekumpul

Karena ada di Bali Utara, karena itu jika dari kota Denpasar ke arah lokasi air terjun ini harus tempuh sekitaran 76 km yang maknanya Anda harus ada diperjalanan sepanjang 2,5 jam. Dianjurkan untuk berkunjung Air Terjun Sekumpul pada pagi hari, khususnya pada musim penghujan. Ini karena pagi hari jarang-jarang hujan bila dibanding dengan di sore hari. Di saat atau setelah hujan, medan yang dilakukan tentu licin hingga lebih beresiko. Jika berminat untuk memperoleh panorama air terjun dari jarak dekat, yakinkan Anda memiliki stamina yang baik karena ada jalan setapak sekitaran 300 mtr. yang perlu dilewati.

Tidak cuma jalan setapak panjang, tetapi beberapa ratus anak tangga juga ada untuk dituruni dengan keadaan yang cukup terjal. Disamping itu, ada sungai yang penting dilewati sama air dengan tinggi sekitaran sepaha orang dewasa. Meskipun sarana yang disiapkan oleh tempat rekreasi ini masih termasuk kurang mencukupi karena tiadanya toilet, Air Terjun Sekumpul ini masih tetap menjadi satu diantara yang terbaik dengan panoramanya yang demikian elok.

Pengunjung dikenai ongkos sejumlah Rp 2 ribu untuk pelancong lokal, sedang pelancong asing dikenai Rp 5 ribu.
Bila Anda dari Kuta Bali, dianjurkan untuk pergi dari jam 4 pagi ke lokasi air terjun ini.

Air Terjun Desa Kuning

Salah satunya tempat rekreasi air terjun tereksotis di Bali yang dapat didatangi dan dicicipi ialah Air Terjun Desa Kuning. Air terjun ini diberi nama Desa Kuning karena lokasinya ada di Desa Kuning yang dapat Anda temui saat berkunjung ke Kecamatan Bangli, persisnya di Dusun Taman Bali. Bermacam fasilitas transportasi bisa dihandalkan untuk mencapai lokasi ini, tetapi bila Anda dari Taman Bali, jarak yang penting dilakukan dengan jalan kaki ialah sekitaran 500 mtr. melalui jalan kecil yang nanti akan menghadapkan Anda dengan perkebunan cengkih. dan sebagai tempat rekreasi yang pas untuk anak muda.

Jika cari sebuah lokasi rekreasi air terjun dengan tidak beberapa pengunjung, Air Terjun Desa Kuning dapat dikunjungi langsung. Kealamian air terjun ini ialah daya magnet yang penting didokumentasikan. Tempatnya yang memang lumayan terselinap membuat jadi kurang dikenali oleh beberapa pelancong di luar Bali. Selainnya air terjunnya yang demikian cantik, Anda akan menemui banyak sekali kera. Alangkah baiknya kalau Anda berekreasi kesini sekalian bawa camilan, seperti kacang-kacangan atau kue untuk memberikan makan ke kera-kera itu.

baca : 7 Restaurant di Jakarta untuk Rayakan Ulangi Tahun

Air Terjun Les

Rekreasi alam yang lain di Bali yang paling pantas menjadi tujuan berlibur ialah Air Terjun Les yang berada di Kabupaten Buleleng. Ada di Bali Utara, air terjun ini pas ada di Dusun Les dan ini berada di segi timur kota Singaraja. Agar bisa ke arah air terjun ini, jarak yang penting dilakukan ialah lebih kurang 100 km jika dari Kuta dan itu maknanya Anda perlu tempuh perjalanan sekitaran 3 jam lama waktunya. Karena sudah berkondisi aspal, Air Terjun Les ini cukup aman dan bagus untuk beberapa pelancong walau cukup berliku-liku dan sebagai air terjun di Indonesia.

Banyak pelancong yang kemungkinan ingin tahu akan daya tarik apa yang ditawari oleh lokasi air terjun yang dikenal juga bernama Yeh Mampeh ini. Kejernihan dan kesegaran air tawar dari air terjun dengan tinggi 35 mtr. ini akan membuat tiap pengunjung kagum. Dari tempat parkir mobil, Anda perlu jalan lewat pohon-pohonan hijau rimbun dan semak-semak yang jauhnya sekitaran 2 km untuk mencapai lokasi air terjun. Untuk beberapa pelancong yang menyukai dengan kegiatan trackking dan mempunyai fisik yang fit, benar-benar disarankan untuk tiba ke arah tempat rekreasi ini.

Air Terjun Melanting

Ada di Kecamatan Banjar, Air Terjun Melanting dapat ditemui saat Anda berkunjung ke Dusun Munduk yang berada di Kabupaten Buleleng. Serunya ada di tempat rekreasi air terjun ini ialah karena Anda bukan hanya akan merasakan air terjunnya saja, tetapi Anda bisa juga sepuasnya berpose di perkebunan kopi dan perkebunan cengkih. Untuk datang di lokasi air terjun, jalan kaki juga cukup dan Anda dapat sekaligus nikmati suara kicauan burung.

Dengan tinggi lebih kurang 20 mtr., Air Terjun Melanting terhitung berketinggian rendah, apa lagi jika Anda memperbandingkannya dengan Air Terjun Gitgit dengan tinggi capai 48 mtr.. Tetapi, oleh sebab itu Anda dapat merendam dan mandi dengan aman pada tempat ini. Misalnya Anda dari Kuta Bali, karena itu waktu perjalanan yang hendak dilakukan ialah sekitaran 2,5 jam karena harus lewat jarak sepanjang 77 km.

Pengunjung dewasa akan dikenai ongkos masuk sejumlah Rp 5 ribu, sedang anak-anak sejumlah Rp 2 ribu.
Di teritori Air Terjun Melanting, ada Air Terjun Munduk yang kenakan ongkos masuk Rp 3 ribu saja.

baca lagi : destinasi di ibu kota rekreasi ke pulau macan jakarta

Air Terjun Carat

Rekreasi air terjun yang lain di Bali yang hendak menganakemaskan Anda dan keluarga ialah Air Terjun Carat yang berada di Kabupaten Singaraja, persisnya di Kecamatan Kubutambahan. Tinggal bertandang ke Dusun Tamblang, Anda ditegaskan bisa menemui Carat yang memiliki dua air terjun, yakni air terjun kecil dan besar. Untuk air terjun yang kecil, ketinggiannya diprediksi lebih kurang 4 mtr. dan Anda dibolehkan untuk merapat serta mandi di sini.

Khusus sisi air terjun yang tinggi, seharusnya Anda menikmatinya dari jarak jauh saja dan kalaulah ingin mendokumentasikannya, Anda perlu jalan mencari pipa-pipa yang berada di sana sampai datang pada bagian bawah tebing batu serupa dinding tetapi curam dan tinggi. Kabarnya, masyarakat sekitaran mempercayai jika Air Terjun Carat ini cukup menyeramkan, karena itu dianjurkan untuk beberapa pelancong tidak untuk menghancurkan apa saja atau melemparkan kalimat yang tidak patut sepanjang ada di sini.

Pengunjung tidak dikenai ongkos masuk karena lokasi air terjun ini masih teramat natural serta belum diketemukan bangunan apa saja disekelilingnya.
Jika Anda dari Denpasar, silahkan ke arah Kintamani/Gianyar, lalu berlanjut ke arah Singaraja hingga kemudian memijakkan kaki di Dusun Tamblang.
Air Terjun Nungnung
Berada di Dusun Nungnung yang berada di Kecamatan Petang, Air Terjun Nungnung di Kabupaten Badung ini memiliki jarak lebih kurang 45 menit jika Anda dari Denpasar dan memakan waktu sekitaran satu 1/2 jam diperjalanan untuk dapat sampai ke arah tempat ini. Serunya di sini yaitu saat Anda lewat banyak sekali wilayah persawahan dan perkebunan yang membuat pandangan kita semakin sejuk.

Ada di ketinggian 900 mtr. di permukaan laut, air terjun ini mempunyai debet air yang cukup besar. Ada beberapa ratus anak tangga yang Anda perlu turuni untuk dapat capai air terjun ini, tetapi selalu waspada karena medannya tidak gampang dan cukup terjal. Lebih melawan kembali, anak-anak tangga yang perlu dilewati mayoritas tidak erdapat pegangan tangan hingga memang lebih beresiko.

Pengunjung dikenai ongkos masuk sejumlah Rp 3 ribu.
Dianjurkan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin karena harus menuruni anak-anak tangga yang cukup beresiko itu.

Air Terjun Blemantung

Ada di Kabupaten Tabanan, Anda bisa mendapati air terjun ini di Kecamatan Pupuan, sesudah masuk ke Dusun Pujungan. Jika Anda dari Denpasar, karena itu jarak yang penting dilakukan ialah lebih kurang 70 km atau 2 jam perjalanan. Di sejauh jalan ke arah Air Terjun Blemantung, Anda segera dapat mendokumentasikan pemandangan sawah bertingkat yang paling cantik dengan warna hijau yang memimpin dan berikut sebagai satu diantara keunggulan objek rekreasi di Indonesia.

Karena lokasinya cukup terasing antara beberapa tebing, jarak yang perlu dilewati oleh beberapa pelancong dari jalan raya khusus Dusun Pujungan ialah lebih kurang 1500 mtr.. Benar-benar melelahkan karena perjalanan yang lumayan panjang dengan medan yang berbeda, hingga harus siap secara fisik untuk dapat nikmati keelokan yang ditawari oleh air terjun dengan tinggi 50 mtr. ini. Selainnya gazebo, belum dibuat lain tempat pada tempat ini.

Mudah-mudahan dengan info sekitar tempat rekreasi air terjun di Bali itu tak lagi membuat Anda kebingungan tentukan tujuan berlibur di Pulau Dewata. Selamat menelusuri air terjun yang cantik-cantik ini sesampai di Bali.