Apa itu property

Pengertian properti adalah bangunan mewah atau tanah yang luas merupakan hal yang kurang tepat. Pasalnya, satu petak tanah pun sudah bisa dikatakan sebagai properti apabila telah memiliki hak milik yang sah secara hukum.

 

Selain itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), properti adalah harta berupa tanah, bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak terpisahkan dari tanah hak milik atau bangunan yang dimaksud. Dari seluruh pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian properti adalah suatu hak, baik itu hak milik, hak guna, maupun hak sewa untuk memanfaatkan sebuah bangunan serta sebidang tanah dan apapun yang ada di atas lahan tersebut.

 

Aneka Macam Produk Properti 

Pemanfaatan produk properti adalah hal yang tidak terbatas pada lahan atau rumah saja. Berdasarkan tujuannya, produk properti diklasifikasikan menjadi empat macam, antara lain: 

1. Memenuhi Kebutuhan Komersial Properti dalam bentuk bangunan juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial seperti perkantoran atau pertokoan. Para pemilik properti umumnya akan memberikan sewa bangunannya untuk digunakan sebagai perkantoran, perbelanjaan, rumah toko, pusat pelayanan seperti hotel, rumah sakit dan sebagainya.

 

2. Menjadi Tempat Tinggal Manfaat lain dari properti adalah sebagai residensial. Hal itu dapat diartikan sebagai bangunan yang dimanfaatkan sebagai tempat tinggal atau hunian. Yang termasuk dalam bangunan residential diantaranya adalah rumah tinggal, villa, perumahan, rumah kost, asrama ataupun apartemen. Masyarakat di Indonesia, masih jamak ditemui yang memiliki hunian properti lebih dari satu. Fungsinya tidak hanya untuk menjadi kediaman saja. Namun sebagian besar dari mereka menggunakannya sebagai investasi, mengingat lahan yang semakin sempit dan berpotensi meningkatkan harga properti dari tahun ke tahun.

 

3. Sebagai Bangunan Industri Menjadi bangunan industri yang dimanfaatkan dalam kegiatan pabrik, pergudangan atau laboratorium pengembangan. Properti semacam ini biasanya terletak di lahan yang luas dan jauh dari pemukiman warga.

 

Keuntungan Investasi Properti 

1. Properti memiliki nilai yang cenderung stabil bahkan akan lebih sering naik. Dengan begitu, kecil kemungkinannya Anda akan rugi jika berinvestasi pada properti. 

2. Menjadi pendapatan pasif yang bisa didapatkan dari biaya sewa. 

3. Menjadi saran investasi sekaligus tempat tinggal.

 

seperti properti perumahan di kawasan citra garden serpong yang memiliki nilai investasi yang akan terus meningkat