Bagaimana ERP Membantu Akuntansi?

Pengertian dan manfaat akuntansi adalah kegiatan mencatat transaksi perusahaan. Kegiatan ini dapat dibantu oleh ERP alias Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah perangkat lunak untuk pengelolaan bisnis yang dikembangkan untuk dapat digunakan oleh perusahaan berbagai jenis dan ukuran.

Mengenal ERP

ERP adalah perangkat lunak untuk pengelolaan bisnis yang dikembangkan untuk dapat digunakan oleh perusahaan berbagai jenis dan ukuran. ERP memiliki fungsi yang sangat luas, mulai dari manajemen data, administrasi keuangan dan akuntansi. Biasanya ERP juga dilengkapi dengan modul manajemen pembelian (PP), produksi (PP) serta distribusi (PP). 

Fungsi ERP

ERP membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, karena data aktual yang disimpan dalam ERP dapat digunakan sebagai sumber informasi lainnya. Sehingga bila ada kebutuhan untuk melakukan pembelian barang atau jasa, maka dapat dilakukan langsung dengan mengakses data tersebut tanpa memerlukan waktu lebih lama untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

ERP juga secara otomatis menyediakan dan memproses transaksi-transaksi akuntansi yang berhubungan dengan tahap perhitungan dan pencatatan tagihan terhadap kontraktor/titipannya. Tidak perlu tim manajemen yang harus mengurusinya secara manual ataupun dengan software konvensional lainnya.

Manfaat ERP untuk Akuntansi

Adapun manfaat ERP untuk kegiatan akuntansi adalah sebagai berikut:  

  • ERP adalah perangkat lunak untuk pengelolaan bisnis yang dikembangkan untuk dapat digunakan oleh perusahaan berbagai jenis dan ukuran.

  • ERP merupakan software yang memiliki kemampuan untuk mengelola semua proses bisnis, baik itu manufaktur maupun konsumen.

  • ERP memiliki kemampuan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen seperti: akuntansi, pemasaran, produksi, hubungan masyarakat dan lainnya dengan memudahkan keterhubungan antar unit organisasi dan hubungan antar user service serta transaksi terintegrasi.

Kesimpulan

  • Laporan yang akurat akan memberikan informasi seputar keberadaan perusahaan, bagaimana suatu perusahaan berjalan dan pemahaman detail tentang keuangan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan strategis.

  • Sistem ERP bisa membantu proses mengembangkan bisnis seperti urutan anggaran dan komitmen serta pengendalian kas.

  • Dengan memiliki sistem ERP ini, para manajer bisnis bisa mempunyai laporan yang cukup luas terhadap volume transaksi yang dilakukan saat ini. 

  • ERP juga memungkinkan kolaborasi secara real-time dari mana saja dan kapan saja.

  • Akses dan kelola data akuntansi juga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.