Memberikan kegiatan belajar huruf arab anak adalah hal yang cukup penting untuk selalu diperhatikan. Pasalnya bahasa Arab juga harus dipelajari, agar anak bisa membaca dan memahami makna kitab suci al-Qur’an dengan baik.

Belajar Huruf Arab Anak

Cara Belajar Huruf Arab Anak dengan Benar

Ada beberapa cara memberikan pembelajaran huruf Arab kepada anak dengan benar. Agar dapat membuat anak tetap ceria dan senang sambil bermain. Langkah-langkah tersebut bisa dilakukan melalui berbagai gerakan. Berikut adalah penjelasan-penjelasannya.

  1. Menggunakan Buku Huruf Arab yang Menarik

Anak-anak akan cenderung lebih suka bermain daripada hanya sekedar belajar saja. Oleh karenanya, orang tua harus pandai-pandai dalam memadukan antara jam belajar dan bermain anak. Ini supaya si kecil tidak terus keasyikan bermain saja untuk proses belajar huruf arab anak.

Memberikan buku huruf arab berwarna menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian anak. Agar mereka mau untuk belajar huruf arab dengan orang tuanya. Warna-warna yang cantik sebagai mainan edukasi anak yang bagus pasti akan membuat si kecil tertarik ingin melihatnya.

  1. Menggunakan Mainan yang memiliki Desain Khusus Huruf Arab

Langkah selanjutnya adalah memberikan anak berbagai macam mainan yang memiliki desain khusus tulisan huruf Arab. Ini bisa menjadi salah satu sarana bermain anak. Mereka akan sangat asyik bermain, dan peran orang tua adalah memberikan pengajaran huruf Arab dengan metode santai.

Anda bisa menggunakan produk lamphabet berupa kubik atau dadu yang memiliki tulisan huruf Arab. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih tertarik dengan mainan tersebut. Kelebihannya orangtua juga bisa sambil mengajarkan sedikit demi sedikit tentang huruf Arab.

  1. Memberikan Gambar atau Tulisan Huruf Arab dan Menempelkannya di Dinding Kamar

Cara terakhir kali ini adalah dengan memberikan gambar atau tulisan huruf Arab. Kemudian Anda harus menempelkannya pada dinding kamar atau tempat yang paling sering dikunjungi si kecil. Buat desain menarik dan berikan warna-warna indah untuk menarik perhatian anak.

Setelah selesai membuatnya, langsung tempelkan atau letakkan pada tempat yang sudah ditentukan. Dengan langkah ini, setiap anak melihat ke arah gambar atau tulisan tersebut maka mereka akan tertarik untuk melihatnya dan mempelajarinya secara sengaja maupun tidak.

Demikian penjelasan mengenai belajar huruf arab anak. Anda akan bisa mendapatkan informasi mengenai hal tersebut dengan membaca uraian pada artikel di atas. Sekian pembahasan kali ini dan semoga dapat bermanfaat untuk pembaca.