Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami – Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami sangat mudah untuk dicoba. Serta tips membuat kulit tampak lebih sehat dan cantik. Merawat kulit wajah sangat penting agar tidak kusam dan bebas dari kotoran. Perawatan wajah yang tepat akan membuat kulit tampak sehat dan cerah alami. Ada bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat kulit Anda terlihat sehat seperti yang Anda inginkan.

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat seperti banyak mengonsumsi air putih dan makanan sehat. Berikut beberapa cara merawat kulit wajah secara alami agar terlihat lebih sehat dan tidak kusam:

1. Bersihkan Kulit Wajah Dengan Sabun Khusus

Jika Anda terbiasa menggunakan sabun untuk kulit tubuh di wajah, sebaiknya hindari hal ini. Karena kulit wajah merupakan salah satu bagian kulit yang sangat sensitif sehingga membutuhkan jenis sabun khusus yang lembut. Gunakan sabun yang didesain untuk mengurangi minyak berlebih dan juga meningkatkan kelembapan pada kulit wajah Anda.

2. Lakukan Eksfoliasi Setidaknya Seminggu Sekali

Exfoliating atau pengelupasan sel kulit mati sangat penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Hal ini berguna untuk membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah dan terawat. Anda bisa menggunakan scrub alami untuk melakukannya, seperti menggunakan masker kopi atau bubuk oatmeal.

Cara merawat kulit wajah secara alami menggunakan scrub dari oatmeal atau ampas kopi sangatlah sederhana. Anda tinggal mencampurnya dengan air atau madu lalu gosokkan dengan lembut pada wajah dan leher. Diamkan sejenak lalu bersihkan wajah Anda. Cara ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah dan terawat.

3. Gunakan Pelembab Pada Kulit Wajah

Menggunakan pelembap pada kulit wajah secara rutin akan membuatnya lebih segar dan tampak segar. Kulit membutuhkan kelembapan alami untuk menghindari kekeringan. Kulit kering biasanya akan ditandai dengan membuatnya mudah pecah-pecah dan bersisik. Ini akan terlihat sangat tidak sehat. Selain itu, kulit wajah yang terlalu kering juga akan meningkatkan risiko munculnya kerutan di wajah.

4. Gunakan Tabir Surya Untuk Melindungi Kulit Anda

Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari sengatan matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, penggunaan tabir surya juga berfungsi untuk mencegah kemerahan atau rasa terbakar pada kulit akibat paparan sinar UV yang berlebihan. 

Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan akan membuat kulit mudah berkerut sehingga sangat penting. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari sinar matahari menggunakan tabir surya alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan seperti minyak zaitun.

5. Tingkatkan Konsumsi Air

Menjaga kulit tetap terhidrasi sangat penting untuk mencegah munculnya kerutan. Salah satu cara paling efektif untuk menghidrasi kulit adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Manfaat air untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak karena air merupakan sumber kehidupan yang sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. 

Seperti bagian tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan asupan air yang cukup agar tetap kenyal dan lembab secara alami. Maka salah satu cara merawat kulit wajah secara alami adalah dengan memperbanyak asupan air putih setiap hari.

6. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji setiap hari dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Untuk merawat kulit, sebaiknya kurangi konsumsi makanan seperti pizza, burger, donat, dan gorengan lainnya. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan risiko timbulnya jerawat di wajah sehingga sebaiknya Anda menghindarinya.

7. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda

Melakukan olahraga secara teratur tidak hanya baik untuk kesehatan Anda tetapi juga kulit Anda. Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh, termasuk kulit. Selain itu, olahraga juga akan membuat Anda berkeringat yang artinya akan banyak racun yang dikeluarkan melalui pori-pori.

8. Tingkatkan Asupan Nutrisi Untuk Kulit

Beberapa jenis buah-buahan seperti stroberi, anggur, kiwi, dan alpukat termasuk dalam daftar buah-buahan yang sehat untuk kulit wajah karena kaya akan vitamin dan antioksidan penting. Kandungan antioksidan yang tinggi pada beberapa jenis buah di atas sangat baik untuk melindungi kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Radikal bebas yang tidak terkontrol dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Beberapa tanda penuaan seperti kerutan, flek hitam, dan garis halus bisa lebih mudah muncul ketika kandungan antioksidan dalam tubuh Anda rendah. Selain dikonsumsi langsung, beberapa jenis buah di atas juga bisa digunakan untuk merawat wajah agar tetap sehat dan terlindungi.

9. Gunakan Masker Alami Untuk Merawat Wajah Anda

Salah satu cara merawat kulit wajah secara alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami juga. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit wajah Anda seperti minyak zaitun, madu, pepaya, alpukat, putih telur, dan lidah buaya. Semua bahan tersebut tidak hanya aman tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

10. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Untuk Wajah

Saat ini cukup sulit merawat kulit wajah tanpa menggunakan produk kimia. Beberapa bahan perawatan kecantikan yang beredar di pasaran kebanyakan mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Biasanya produk kecantikan ini memiliki harga yang relatif lebih murah.

Produk kecantikan seperti ini biasanya menawarkan manfaat instan seperti menghilangkan minyak berlebih, melembabkan wajah, hingga menghilangkan kotoran. Namun, dalam jangka panjang akan membuat Anda bergantung pada produk perawatan tersebut. Untuk itu, sebaiknya gunakan bahan-bahan alami atau produk kecantikan yang minim bahan kimia.

Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

Penggunaan bahan-bahan alami sangat penting untuk merawat wajah. Karena selain aman juga memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia. Beberapa bahan di bawah ini memiliki potensi besar untuk merawat kulit wajah Anda secara alami, berikut beberapa di antaranya:

1. Masker Madu

Salah satu bahan alami yang sangat baik untuk merawat kulit wajah adalah madu. Madu mengandung berbagai nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa vitamin seperti vitamin C dan senyawa penting lainnya berguna dalam mencegah kerusakan seperti penuaan dini. Selain itu, salah satu manfaat masker madu untuk wajah adalah kandungan antibakterinya yang terbukti ampuh mencegah munculnya jerawat.

2. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk wajah sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa melembabkan kulit, menghilangkan flek hitam, hingga mencegah timbulnya jerawat di wajah. Lidah buaya juga dapat mengencangkan kulit secara alami. Dari semua manfaat tersebut, tidak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

3. Minyak Zaitun

Cara merawat kulit wajah secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat menghaluskan kulit wajah secara alami. Selain itu, masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk wajah, di antaranya melembabkan kulit dan juga mencegah munculnya kerutan di wajah. 

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembab alami atau masker wajah dengan manfaat yang luar biasa. Usahakan rutin menggunakan minyak zaitun minimal seminggu sekali agar kulit Anda lebih sehat dan mulus alami.

4. Menggunakan Masker Alpukat

Masker alpukat sering digunakan sebagai perawatan kecantikan karena selain murah juga relatif aman digunakan secara rutin. Sama seperti minyak zaitun, alpukat juga merupakan sumber vitamin E, dimana vitamin ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. 

Cara menggunakan alpukat untuk merawat wajah sangatlah mudah, cukup haluskan 1 buah alpukat berukuran sedang lalu oleskan pada area wajah. Tambahkan minyak zaitun atau madu untuk manfaat maksimal. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu cuci muka untuk membersihkan sisa alpukat yang masih menempel.

5. Menggunakan Bengkuang

Cara membuat masker bengkuang untuk kecantikan kulit wajah tidaklah sulit. Parut terlebih dahulu 1 buah bengkuang ukuran sedang lalu oleskan pada area wajah hingga merata termasuk leher. Tunggu sambil bersantai setidaknya selama tiga puluh menit lalu bilas seperti biasa. Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengambil endapan dari parutan bengkuang. Setelah itu campurkan dengan minyak zaitun dan gunakan sebagai masker wajah.

Demikian ulasan artikel JengSusan tentang Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami, semoga bermanfaat.

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas