Jurusan hukum memang menjadi dambaan hampir seluruh lulusan siswa SMA. Keberadaan jurusan ini pun nyatanya tersedia hampir di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Di Indonesia sendiri ada 10 jurusan hukum terbaik yang mungkin bisa kamu jadikan opsi untuk melanjutkan pendidikan.

Perguruan tinggi tersebut antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Hasanuddin.

 

Prospek kerja jurusan hukum

 

1. Ahli hukum

Berkuliah di bidang hukum tentunya akan membuka peluang yang sangat lebar buat kamu yang ingin menjadi ahli hukum. Terlebih di Negara Indonesia sendiri juga sudah dikenal dengan negara yang berkaca pada hukum. Maka dari itu, berkuliah di hukum ini akan membuat peluang yang cukup besar buat kamu agar menjadi ahli hukum.

 

2. Hakim

Berada di Negara yang sangat memegang tinggi sistem hukum, hal ini membuat kebutuhan hakim di Indonesia sangatlah tinggi. Dalam suatu persidangan, pasti membutuhkan sosok yang satu ini. Namun, pekerjaan ini rupanya tidaklah mudah. Kamu harus memiliki kredibilitas tinggi serta sikap profesionalisme dalam menghadapi suatu persidangan.

 

3. Notaris

Menjadi seorang notaris mewajibkanmu untuk menempuh pendidikan Magister Kenotariatan. Berbeda dengan pekerjaan hukum yang lain, menjadi seorang notaris akan membuatmu bekerja dengan membuka praktik sendiri.

Tugas dan wewenang dari seorang notaris adalah membuat suatu akta asli yang mengatur tentang sebuat perjanjian atau ketetapan serta perbuatan yang dibuat oleh pihak terkait sesuai dengan undang-undang.

 

4. PNS

Selain menjadi tenaga ahli di bidang hukum, biasanya lulusan hukum ini juga banyak yang menjadi Pegawai Negeri Sipil. Jurusan hukum ini nyatanya sangat dibutuhkan di berbagai lembaga pemerintahan.

Nantinya, kamu akan bertugas untuk memenuhi seluruh urusan legal yang ada di lembaga pemerintah maupun di kementerian.

 

5. Ahli legal

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli legal. Dalam setiap harinya, staf legal akan berhubungan dengan seluruh asset yang dimiliki perusahaan. Seperti surat perjanjian dan berbagai macam surat dan  berkas penting lainnya

.

6. Legal Auditor

Pekerjaan yang satu ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Profesi yang satu ini bertugas untuk melakukan pengawasan dan seluruh traksaksi hukum yang sudah berjalan. Biasanya pekerjaan ini mencakup pada lingkungan pemerintah, bisnis, korporasi, dan lingkungan masyarakat.

 

7. Legal and Compliance Risk Management

Nah kalau pekerjaan yang satu ini adalah pekerjaan yang bertugas untuk mengatur manajemen risiko hukum dan kepatuhan. Disini kamu akan dihadapkan dengan menemukan segala risiko yang berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk patuh pada hukum yang berlaku.

 

8. Kurator

Curator adalah suatu pekerjaan yang bisa kamu temukan bila nanti kamu berkuliah di jurusan hukum. Pekerjaan ini bertugas untuk mengurus dan membereskan harta debitor pailit di bawah pengawasan hakim pengawas.

Sebenarnya, pekerjaan kurator ini dinilai cukup berat. Karena harus menyangkut kepemilikan seseorang yang harus diangkat di pengadilan.

Itu dia  fakta menarik yang bisa kamu dapatkan dari jurusan hukum. Selain belajar mengenai seluk beluk di bidang hukum Pidana, kamu juga akan mendapatkan benefit yang sangat banyak bila memasuki jurusan ini. Jadi gimana nih? Semakin tertarik kah kamu untuk berkuliah di jurusan hukum? Good luck!