Strategi Referral sudah lama dikenal oleh marketer dan pelaku bisnis sebagai startegi yang bagus untuk menambah konsumen baru. Di era digital, strategi referral menjadi sangat penting karena jangkauannya yang luas.

Berikut sejumlah alasan yang membuat referral tetap penting bahkan jadi andalan di dalam strategi digital marketing yang terus berkembang sampai saat ini.

1. Sasaran yang jelas

Salah satu alasan mengapa referral adalah strategi terbaik yaitu tertarget. Dalam beberapa faktor, praktek referal pemasaran sebetulnya serupa dengan influencer pemasaran.

Sebagai contoh, kamu pasti pilih influencer yang punyai audience sama dengan sasaran pasarmu . Maka, pesan yang ingin kamu berikan akan diterima oleh audience yang akurat. Begitu halnya referal pemasaran.

Kamu mengharap supaya konsumen setiamu mereferensikan produk atau jasamu pada kenalan mereka. Karena, biasanya konsumen setia dan kenalannya mempunyai karakter yang sama.

2. Tingkat keyakinan yang tinggi

Sekarang ini, banyak orang lebih yakin dari sesuatu yang disebutkan seseorang dibanding merek tersebut.

Perusahaan kemungkinan membuat iklan tradisionil berbentuk baliho, banner, atau iklan di mass media. Tetapi, dampaknya lebih kecil dibanding referensi dari famili mereka.

Bahkan juga, sebetulnya referal pemasaran bukan hanya terjadi di antara konsumen setia dengan kenalannya.

Seorang bisa jadi mempercayai orang yang tidak dikenalinya, seperti praktek yang terjadi pada ulasan Tripadvisor atau e-commerce.

3. Reach tinggi

Keunggulan lain dari referal pemasaran ialah mempunyai reach yang tinggi. Dahulu, reach referal pemasaran termasuk rendah. Tiap orang cuman mempunyai rerata referal ke sebagian orang.

Tetapi karena ada web, sosial media, dan e-commerce, reach referal pemasaran jadi makin tinggi. Tiap orang dapat mereferensikan produk atau jasamu ke beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu orang sekalian.

4. Biaya Yang Murah

Taktik mesin pencari pemasaran, moment pemasaran, dan influencer pemasaran kemungkinan memerlukan ongkos yang lumayan besar. Tetapi, tidak dengan referal pemasaran.

Diambil dari Springboard, referal pemasaran bekerja seperti virus. Bila brand-mu sukses memikat hati satu konsumen setia, mereka akan mereferensikan produkmu pada kenalannya. Selanjutnya, kenalan itu akan mereferensikan brand-mu pada kenalan yang lain.

Dengan begitu, brand-mu terus akan dikenali dan diputuskan berdasar referensi itu.

Panduan Jalankan Referal Pemasaran

1. Beri stimulan

Salah satunya hal yang sering ada pada referal pemasaran ialah stimulan. Stimulan ialah bolak-balik yang kamu beri ke konsumen setia yang sudah mereferensikan brand-mu.

Sebagai contoh, kamu dapat memberinya diskon, bonus point, atau voucer untuk mereka.

Ini akan menambahkan semangat konsumen setia untuk selalu mereferensikan brand-mu pada rekanan mereka.

2. Terbitkan program referal

Referal pemasaran ialah tehnik pemasaran yang tidak ada demikian saja. Kamu masih tetap membutuhkan usaha supaya konsumen setia ingin mereferensikan brand-mu ke seseorang.

Salah satunya langkah yang dapat dilaksanakan ialah menerbitkan program referal di beberapa basis brand-mu.

3. Buat program yang simpel

Menurut Influencer Pemasaran Hub, kamu perlu membuat program referal yang simpel, baik secara mekanisme, peraturan, sampai publisitas.

Bikinlah supaya program itu gampang dipahami oleh konsumen setia. Dengan begitu, konsumen setia tak perlu memutar otak untuk mereferensikan produk atau jasamu.

Begitu keterangan Glints mengenai pemahaman dan panduan jalankan referal pemasaran. Pokoknya, referal pemasaran ialah taktik promo yang menggerakkan konsumen setia untuk ajak konsumen setia baru.