Harga Pipa PVC 2021, Berbagai Merek dan Ukuran Pipa PVC

Pipa PVC merupakan salah satu jenis pipa yang didesain khusus untuk bisa digunakan pada saluran air kotor dan saluran pembuangan. Pipa jenis ini mempunyai beberapa keunggulan yang sangat mumpuni dibandingkan dengan pipa yang lainnya salah satunya adalah harga pipa PVC yang ekonomis. Keunggulan tersebut diantaranya sebagai berikut.

  • Mempunyai kekuatan yang Lebih

Pada dasarnya, pipa jenis ini menggunakan komposisi bahan baku PVC yang murni kurang lebih sebesar 92.5%. Sedangkan pada sisanya menggunakan bahan baku aditif yang berguna untuk meningkatkan kekuatan pipa.

Dengan bahan baku yang digunakan sangat baik, maka dapat memberikan kekuatan pada pipa menjadi lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis pipa yang lainnya. Selain itu, pipa jenis ini juga lebih tahan dengan korosi serta abrasi.

  • Bobot Pipa Ringan

Salah satu keunggulan yang membuat pipa jenis ini banyak diminati yaitu bobot yang dimiliki sangat ringan. Hal ini dapat memudahkan pada saat melakukan pemasangan serta mobilisasi. Dengan bobot yang dimiliki sangat ringan, tentu tidak lagi memerlukan bantuan alat berat untuk memasang dan memindahkan pipa ini.

  • Pengaplikasian yang Mudah

Selain mempunyai bobot pipa yang ringan, pipa jenis ini juga mempunyai keunggulan akan pengapilkasiannya yang mudah. Biasanya metode penyambungan yang digunakan pada pipa ini yaitu rubbering joint. Hal ini sangatlah mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat penyambung seperti lem perekat atau yang lain sebagainya.

  • Aksesoris Disediakan dengan Lengkap

Pada saluran limbah tentu diperlukan beberapa aksesoris pelengkap untuk bisa membentuk saluran pipa yang baik. Namun, tidak semua jenis pipa menyediakan paket komplit dengan aksesorisnya.

Hal inilah yang menjadi keunggulan dari jenis pipa PVC ini, yaitu mempunyai paket aksesoris yang lengkap. Sehingga hasil yang diberikan dapat membuat saluran air lebih tahan lama.

  • Tahan Kandungan Bahan Kimia

Salah satu keunggulan yang bisa diandalkan dari pipa ini yaitu ketahanan pipa dari berbagai jenis bahan kimia. Hal ini merupakan salah satu karakter terpenting yang ada pada jenis pipa ini.

Pada sebuah limbah rumah tangga ataupun limbah pabrik pastinya telah terkontaminasi dengan berbagai bahan kimia. Bahan kimia tersebut bisa diperoleh dari limbah domestik misalnya sabun, pemutih pakaian, dan yang lain sebagainya.

Oleh karena itu pipa ini didesain secara khusus untuk bisa memperoleh hasil pipa yang mempunyai karakter tidak mudah pecah apabila terkena berbagai macam bahan kimia. Selain itu, jenis pipa ini juga dapat memberikan lingkungan yang bebas akan pencemaran polusi.

  • Permukaa Pipa Halus

Keunggulan lain yang dimiliki pipa PVC ini yaitu mempunyai permukaan pipa yang halus. Bahkan kehalusan permukaan yang dimiliki pipa ini tidak hanya pada bagian luar saja. Namun pada bagian dalam juga mempunyai permukaan yang sangat halus.

Dengan adanya hal tersebut dapat memberikan kelancaran pada limbah yang tersalurkan. Biasanya pipa yang mempunyai permukaan bagian dalam kasar, sering terjadi penyumbatan.

Hal ini dikarenakan adanya penumpukan limbah yang tersangkut pada bagian pipa. Oleh karena itu, dengan permukaan pipa yang halus ini dapat meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Nah, itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pipa PVC. Selain dengan beberapa keunggulan tersebut, pipa jenis ini juga tergolong mempunyai harga yang cukup ekonomis. Berbagai keunggulan yang dimiliki pipa ini, bisa Anda jadikan pertimbangan pada saat ingin membeli pipa dengan kualitas yang paling terbaik.