Sebelum kita lanjutkan artikel tentang Langkah-Langkah Alternatif Penjemuran Burung Saat Tiba Musim Hujan, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mendapat vitamin burung terbaik kunjungi website vitamin burung.

Untuk beberapa kicau mania, cuaca cerah merupakan soal yang sangatlah di tunggu-tunggu. Bagaimana tidak, oleh karena ada cuaca cerah kicau mania dapat menjemur burung saat pagi hari yang bisa berikan fungsi buat burung unggulanya.

Tidak hanya itu, tersedianya cuaca cerah pula bikin beberapa kicau mania berasa berbahagia sebab dapat berangkat ke ajang lomba burung buat siap bertarung di lapangan.

Begitu juga kebalikannya, kalau musim penghujan datang, kicau mania jadi sibuk serta lebih tambahan buat menjaga burung supaya tetap sehat serta sempurna. Satu diantaranya argumen paling besarnya pastilah lantaran tidak dapat menjemur burung waktu musin hujan.

Namun, kamu gak boleh risau. Di sini kami dapat berikan preferensi buat menjemur burung waktu musim penghujan.

Menjemur Burung Kicau

Untuk pemilik serta penangkar type burung kicau, perombakan musim dari kemarau ke penghujan ini butuh dicermati dengan saksama, supaya kesehatan burung tidak terusik.

Perpindahan dari musim kemarau ke musim penghujan misalnya dapat sebabkan burung jatuh, suaranya jadi serak, sampai tak terdengar kembali kicauannya.

Satu diantaranya dikarenakan merupakan lantaran minimnya energi burung yang diterima dari panas matahari. Lantaran itu, kita butuh mengusahakan musim hujan, maka dari itu burung-burung tidak mengenyam situasi yang jatuh.

Selalu bersihkan sangkar dari kotoran burung, cuaca yang lembab dapat buat kotoran burung jadi tempat penyakit, oleh lantaran itu sangkar mesti selalu pada situasi bersih supaya burung anda luput dari penyakit yang tidak dikehendaki.

Adanya sinar matahari saat pagi hari jadi soal yang sangat penting dalam perawatan burung, karena oleh tersedianya cahaya matahari burung dapat menghangatkan badannya jadi proses perkembangan hidup.

Temperatur yang lembab serta dingin dapat simpel sekali burung pada situasi jatuh, oleh lantaran itu usahkan terus untuk menjemur burung saat berada sinar matahari di halaman luar rumah. Berikut di bawah ini adalah sejumlah fungsi menjemur burung saat pagi hari

Fungsi Menjemur Burung

  1. Cahaya matahari pagi punya kandungan infra merah yang berfaedah buat membuat hormon testosteron yang diperlukan burung jantan, dan hormon estrogen serta progesteron untuk burung berkelamin betina. Hormon-hormon itu dipakai buat mengontrol birahi, organ reproduksi, serta buat burung rajin berkicau.
  2. Sinar matahari pagi punya kandungan ultraviolet yang bekerja buat mengekstrak pro-vitamin D jadi vitamin D3. Nah, vitamin D3 sendiri berperan buat pembuatan susunan tulang, ketahanan badan, serta organ penting yang lain.
  3. Oleh karena ada cahaya matahari, peresapan sari makanan ke badan bekerja lebih bagus serta metabolisme dalam badan burung bertambah intensif.
  4. Menariknya kembali, cahaya matahari bisa membunuh kira-kira 85 prosen virus yang kerap menjangkiti burung.
  5. Kecuali virus, sinar matahari bisa juga membunuh bibit-bibit jamur yang rata-rata bersarang di lantai sangkar, jeruji, atau sisi sangkar yang lain.
  6. Cahaya matahari juga dapat menyingkirkan kutu-kutu yang melekat di bulu-bulu burung serta permukaan kulit burung.
  7. Burung yang kerap dijemur lebih rajin berkicau. Masalah ini lantaran kehangatan matahari pagi bisa bikin psikologi burung lebih bagus serta menyantaikan. Maka dari itu, seolah-olah burung itu selalu akan berbahagia kalau waktu pagi dijemur di bawah terik cahaya matahari.

Sayang, fungsi barusan tak kan dirasa kalau musim penghujan menempa. Burung-burung tidak bisa nikmati hangatnya cahaya matahari pagi lantaran rata-rata pagi-pagi hujan telah turun rintik-rintik.

Adakah preferensi menjemur burung pada musim penghujan? Tentunya, cahaya matahari keluarkan panas yang dapat menghangatkan badan burung.

Maknanya, burung cuma perlu sumber kehangatan lain atau sumber sinar lain yang bisa keluarkan energi panas atau hangat.

Menjemur Burung Waktu Musim Hujan

Berikut di bawah ini ada sekian banyak preferensi lain dari cahaya matahari yang bisa kamu lakukan buat menghangatkan badan burung yang hampir mendekati dengan menjemur burung saat pagi hari

Lampu Ultraviolet

Lampu ultraviolet (UV) atau lampu full spektrum punya susunan yang hampir mendekati dengan cahaya matahari. Artinya tingkat kehangatan yang dikasihkan cahaya matahari dapat diganti dengan lampu ultraviolet.

Meskipun semata-mata hanya hangat serta tidak mendapatkan vitamin D, sekurang-kurangnya burung masih berasa hangat pada musim hujan yang dingin.

Pemanfaatan lampu ultraviolet tidak direkomendasikan dalam periode waktu lama. Lantaran, resikonya dapat bikin bulu-bulu burung terbakar lantaran kepanasan.

Oleh lantaran itu, jemur burung di bawah lampu ultraviolet sepanjang kurang dari 5 jam. Ini cukup bikin situasi badan burung selalu sehat serta tidak bikin agresif.

Tungku Pembakaran

Rata-rata di kitaran tungku pembakaran udaranya cukup panas atau hangat. Nah, kamu dapat rapatkan burung ke tungku itu, namun gak boleh kelamaan serta gak boleh begitu dekat.

Kalau tungku itu keluarkan asap, baiknya tidak usah dijalankan langkah tersebut lantaran jadi mencelakai pernafasan burung.

Kalau dalam rumah tiada tungku pembakaran, kamu dapat gunakan kompor gas atau kompor minyak. Yang perlu burung didekatkan dengan sumber panas. Kamu dapat mengira-ngira aman tidaknya proses penghangatan itu.

 

Multivitamin

Sekarang multivitamin burung telah banyak dipasarkan di pasar. Anda dapat beli lewat cara online atau off-line di kios-kios burung. Pemberian multivitamin sendiri ditujukan bisa mengantikan vitamin yang lenyap sepanjang burung tidak mendapati cahaya matahari.

Multivitamin mesti sama dengan type burung. Kamu gak butuh waswas, lantaran faksi produsen telah menjualnya sesuai sama beberapa jenis burung. Maka dari itu kemungkinan alokasinya telah benar dengan konsumsi yang diperlukan burung.

Mandi Air Hangat

Air hangat juga dapat dipakai buat terapis burung pada musim hujan, terlebih burung Perkutut. Tapi, langkah tersebut supaya lebih waspada lantaran kalau airnya begitu panas dapat mencelakai nyawa burung.

Oleh lantaran itu, kamu baiknya memandikan burung secara digenggam serta dielus-elus. Dengan demikian, kamu paham takaran panas di air hangat waktu memandikan burung, yang perlu, air hangat itu janganlah segera disiramkan ke burung, namun burung direndam ke air hangat sekejap lantas diseka-usap bulu-bulunya.

Teknik yang lain, kamu dapat mengucurkan air hangat dari jarimu dikit-dikit lalu menyekanya secara perlahan-lahan. Pemanfaatan air hangat ini kecuali sehatkan juga dapat beres-beres bulu-bulu burung yang hancur serta membuat berasa tenang. Juga, burung Perkutut dapat jinak kalau diterapi beserta air hangat.

Pakan Tambahan

Pakan tambahan atau Ekstra Fooding (EF) berikan resiko panas dalam tubuh. Sepanjang alokasi pemberian EF benar, karenanya hasil yang diperoleh dapat sama dengan cahaya matahari.

Tidak hanya itu, kamu harus meningkatkan alokasi EF ke burung sepanjang musim hujan lantaran kehangatan di luar sangatlah kurang. Kalaupun tidak bisa kehangatan di luar, karenanya kamu baiknya menambah pakan EF burung supaya situasi badannya selalu terbangun.

Jemur Kalau Hujan Reda

Hujan tak kan menyiram selama waktu tiap-tiap hari. Nyata ada waktunya dalam sekian hari tidak turun hujan, namun cuma mendung saja. Nach, waktu tidak turun hujan sebagai berikut mesti difungsikan sebagus-bagusnya.

Kamu mesti selekasnya menjemur burung demikian matahari bercahaya meskipun tidak lama. Sekurang-kurangnya burung masih merasai vitamin D langsung dari matahari. Kalau gak dapat menjemur burung saat pagi hari, kamu dapat menjemur burung pada sore hari.

Info lainnya kunjungi agen vitamin burung