Manfaat Daun Sirsak – Sirsak, durian belanda atau nangka belanda merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di Indonesia sirsak dibudidayakan untuk dikonsumsi buahnya, selain rasanya yang masin segar, sirsak juga termasuk kedalam buah-buahan super karena megadung banyak nutrisi mulai dari serat, vitamin dan mineral.

Manfaat daun sirsak

Tentunya hanya dengan mengkonsumsi buah sirsak kamu sudah bisa mendapatkan khasiatnya. Akan tetapi tahukah kamu bahwa bagian dari daun pohon sirsak juga bisa digunakan untuk pegobatan, yap daun sirsak kerap kali dicari dan digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesahtan, dan umunya daun sirsak diolah dengan cara direbus.

Untuk itu simak dibawah ini beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan.

1. Menstabilkan Gula Darah

Diabetes merupakan salah satu penyakit paling berbahaya yang disebabkan lonjakan kadar gula darah. Dampak jangka panjang gula darah bisa menyebabkan kerusakan pada arteri dan pembuluh darah besar dalam jantung, menyebabkan kebutaan, gagal jantung, bahkan kerusakan saraf atau mikrovaskuler.

Untuk itu daun sirsak diketahui dapat menstabilkan gula darah dan mempertahankan kadar glukosa dalam batas normal. Selain menurunkan kadar glukosa, daun sirsak didapati mampu menyembuhkan luka yang sulit sembuh bagi penderita diabetes sekaligus mencegah infeksi dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

2. Mencegah Kanker

Daun sirsak diketahui dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan pengobatan kemoterapi. Kandungan senyawa berupa acetogenin pada daun sirsak mampu menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker.

Selain itu fungsi dari acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker dan perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

3. Meredakan Nyeri Asam urat

Dikutip dari jurnal Efek Pemberian Infusa bahwa manfaat daun sirsak mampu menurunan Kadar Asam Urat dalam tubuh, daun sirsak juga mimiliki fruktosa, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, lemak, protein, dan vitamin B.

Di samping itu daun sirsak juga mengandung senyawa flavonoid salah satu antioksidan tinggi yang mampu mencegah pembentukan mineral asam urat dengan cara menghambat kerja dari enzim xhantine oxidase. .

Bagi pengidap asam urat tidak bisa mengonsumsi daun sirsak secara sembarangan. Sebab, ada beberapa cara yang lebih tepat sekaligus aman untuk mengonsumsinya. Biasannya daun sirsak diolah menjadi minuman teh dan baru dikonsumsi.

4. Menurunkan Kolesterol

Niknya kadar kolesterol LDL (jahat) didalam tubuh dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, seperti banyak kurang olahraga, kebiasaan merokok, makanan dengan kadar lemak tinggi, dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Beberapa dari penelitian juga membuktikan bahwa senyawa yang terkandung dalam daun sirsak dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh secara bertahap.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi air rebusan ataupun ekstak dari daun sirsak maka secara tidak langsung kamu akan mendapatkan khasiat lain yaitu meningkatnya sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi lebih kuat terhadap beberapa serangan penyakit.

Hal ini diketahui karena adanya beberapa kandungan seperti vitamin dan senyawa antioksidan dalam memperbaiki kerusakan sel serta menjaga agar tetap sehat dan bugar.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan. Harap untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Sumber healty99