Mengenal Lebih Jauh Sejarah dan Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi sudah lama muncul dan berkembang begitu pesat hingga saat ini. Seiring dengan perkembangan tersebut, ada pembagian ilmu ekonomi yang ternyata penting untuk kita pahami. Apalagi jika Anda ingin menyelam lebih jauh dalam dunia ekonomi, keuangan, dan investasi. Mari cari tahu seperti apa sebenarnya konsep pembagian ilmu tersebut.

Sejarah Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan sebuah bidang ilmu yang membahas mengenai konsep dasar ekonomi mikro dan makro. Di dalamnya terdapat banyak pembahasan mengenai mekanisme pasar, perilaku konsumen, perilaku produsen, dan masih banyak lagi. Ilmu ini bisa memberikan banyak pandangan bagi kita terutama saat harus mengambil keputusan ekonomi.

Ternyata ilmu ekonomi itu sendiri sudah ada sejak ribuan tahun silam. Dimulai dari ekonomi kuno yang mulai berkembang pada zaman perunggu antara 4000 – 2500 SM. Masyarakat yang mendalami ilmu ekonomi kuno pada saat itu mengembangkan sistem notasi. Selain itu sistem akuntansi juga mulai muncul bersamaan dengan berkembangnya bahasa tertulis.

Tahun 1776, ilmu ekonomi berkembang semakin pesat. Di tahun ini pula muncul Bapak Ekonomi dunia yaitu Adam Smith. Beliau menulis sebuah buku yang menjelaskan mengenai perilaku ekonomi dan teori ekonomi lainnya. Selain itu Adam Smith juga berhasil menciptakan sistem ekonomi yang jauh lebih kompleks dari tahun-tahun sebelumnya.

Gagasan mengenai ilmu ekonomi yang dikembangkan oleh Adam Smith terus menjadi semakin populer. Hal ini kemudian berkembang dan digunakan sebagai dasar bagi para ekonom lainnya. Dari sinilah muncul beberapa tokoh ekonom dunia seperti Thomas Malthus, David Ricardo, dan lain-lain. Para ekonom ini kemudian mencetuskan teori ekonomi klasik pada masa itu.

Selanjutnya muncul aliran ekonomi Neo Klasik pada tahun 1890. Di zaman ini muncul beragam jenis ilmu ekonomi baru yang bahkan masih dipakai sebagai acuan hingga sekarang. Lalu pada tahun 1930, muncul lebih banyak ekonom baru dengan teori-teori ekonomi yang semakin mutakhir.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Perjalanan ilmu ekonomi sampai detik ini telah membawa banyak perubahan. Salah satunya adalah pengelompokan ilmu ekonomi menjadi beberapa bagian. Berikut ini teori pembagian ilmu ekonomi yang penting untuk Anda ketahui:

1. Ekonomi Teori

Pertama ada ilmu ekonomi teori yang bekerja dengan cara menggeneralisasi data-data ekonomi. Pada kelompok ini, akan diterangkan hubungan sebab akibat sekaligus cara kerja sistem ekonomi. Ekonomi teori juga terbagi menjadi dua kelompok yaitu ekonomi mikro dan makro. Ilmu ini kemudian akan melahirkan asas ekonomi yang dijadikan sebagai acuan untuk melaksanakan kebijakan ekonomi di masyarakat.

2. Ekonomi Deskriptif

Selanjutnya ada ilmu ekonomi deskriptif yang di dalamnya mengumpulkan beragam jenis informasi faktual. Di kelompok ini, terjadi penggambaran kondisi ekonomi di masyarakat. Ilmu ini akan memberi penjelasan mengenai definisi, identifikasi, serta pengumpulan data ekonomi di lapangan.

3. Ekonomi Terapan

Kelompok berikutnya adalah ekonomi terapan. Ini merupakan sebuah hasil kajian ekonomi yang kemudian dipakai untuk menjelaskan fakta-fakta yang sudah terkumpul. Biasanya kelompok ini akan dimanfaatkan untuk memperoleh solusi terhadap masalah ekonomi yang ada. Tentunya ekonomi terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya 2 kelompok ekonomi yang disebutkan sebelumnya.

Pengetahuan mengenai ilmu ekonomi semacam ini sangat penting bagi Anda apalagi jika ingin memulai berinvestasi. Hal ini berlaku untuk jenis investasi apapun, termasuk crypto. Bagi Anda yang memang ingin mendapatkan lebih banyak cuan melalui aset crypto, bergabunglah bersama Pintu. Melalui platform ini, Anda bisa mendapatkan berita crypto terbaru dan mulai berinvestasi dengan aman.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.