Ketegangan mata komputer mungkin bukan sesuatu yang sering Anda pikirkan, tetapi begitu sangat memengaruhi Anda, sulit untuk tidak menyadarinya. Melindungi mata dari layar komputer dan smartphone lebih penting dari sebelumnya, tetapi mengatasi masalah secara efektif lebih pada pencegahan daripada penyembuhan. Baca juga mengenai how do you fix cockeyed dan info kesehatan menarik lainnya.

Menjaga Kesehatan Mata

Tindakan pencegahan sederhana membantu melindungi mata dari layar komputer dan ponsel cerdas, dan kami akan melihat beberapa tindakan tersebut di artikel ini.

Apakah Layar Membuat Penglihatan Anda Lebih Buruk?

Digital Eye Strain (DES – Body Health Site) lebih umum saat ini daripada sebelumnya karena fakta bahwa hampir semua orang menggunakan layar dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun tidak semua orang menghabiskan setiap hari melihat layar komputer, kebanyakan orang menggunakan smartphone. Para ahli menyarankan bahwa DES terjadi pada sekitar 50% pengguna komputer. Jadi, apakah layar membuat penglihatan Anda lebih buruk? Nah, kabar baiknya adalah ketegangan mata bukanlah masalah jangka panjang.

Tidak ada bukti bahwa ketegangan membuat penglihatan Anda lebih buruk dalam jangka panjang, tetapi hal itu menyebabkan ketidaknyamanan yang ekstrem dan mempersulit menjalani hari kerja.

Ketegangan Mata Komputer
Apa sebenarnya efek layar pada mata? Ada beberapa gejala yang harus diwaspadai, dan gejalanya sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda menggunakan komputer atau smartphone. Mari kita lihat beberapa gejala tersebut, dan bagaimana Anda dapat menghindarinya.

Gejala Ketegangan Mata Komputer

American Optometric Association mengakui gejala ketegangan mata yang paling umum adalah sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, dan dalam kasus yang ekstrim, nyeri leher dan bahu. Ketika mata Anda tegang, mereka memberi tahu seluruh tubuh Anda bahwa ada sesuatu yang salah.

Mata kering disebabkan oleh fakta bahwa kita secara tidak sadar berhenti berkedip saat membaca layar, dan respons rasa sakit lainnya disebabkan oleh sinyal tubuh bahwa ada sesuatu yang salah. Saat Anda menggunakan komputer sepanjang hari untuk bekerja, gejala ini akan muncul setelah menggunakan layar dalam jangka waktu yang lama. Mari kita lihat bagaimana melindungi mata dari layar.

Cara Melindungi Mata dari Layar Komputer

1. Gunakan Aturan 20/20/20
Mata Anda tidak dirancang untuk menatap sesuatu secara langsung di depan Anda sepanjang hari. Dengan aturan 20/20/20, Anda memberi mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan selama hari kerja yang panjang.

Jika Anda melihat layar selama 20 menit, Anda harus melihat sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki dari Anda selama 20 detik. Namun, semakin lama Anda mengalihkan pandangan dari layar, semakin baik!

2. Pastikan Kamar Anda Terang dengan Baik
Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi lebih sedikit cahaya di kamar Anda sebenarnya lebih baik untuk mata Anda saat Anda bekerja di depan komputer. Kantor tidak boleh terlalu terang, jadi jika memungkinkan, tutup gorden Anda dan kurangi penggunaan lampu neon.

Gunakan bohlam bertegangan lebih rendah dan pastikan pencahayaan sekitar setengah terang dari rata-rata kantor.

3. Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Teratur
Pemeriksaan mata secara teratur membantu Anda menjaga kesehatan mata dan memastikan masalah Anda tidak lebih buruk dari ketegangan mata normal. Ini juga memberi Anda kesempatan besar untuk berbicara dengan seorang ahli tentang kebiasaan dan kesehatan mata Anda!

4. Kurangi Silau
Silau pada layar komputer Anda dapat menyebabkan ketegangan mata karena membuat mata Anda berhenti menyesuaikan diri semudah seharusnya dengan konten yang Anda coba fokuskan.

Gunakan layar matte anti-silau jika memungkinkan (bukan LCD berlapis kaca). Jika Anda seorang pemakai kacamata, pastikan lensa Anda memiliki lapisan anti-reflektif.

5. Gunakan layar Resolusi Tinggi
Kebanyakan orang tidak perlu lagi menggunakan layar CRT. Itu adalah layar komputer lama dengan kecepatan refresh rendah yang menghasilkan kedipan mencolok yang membuat mata Anda tidak nyaman. Saat ini, layar biasanya menawarkan kecepatan refresh 75Hz atau lebih.

Semakin tinggi semakin baik. Selain itu, layar dengan resolusi lebih tinggi tampak lebih hidup. Saat Anda tidak dapat melihat pikselnya, mata Anda tidak bekerja keras untuk memahami gambar di depan Anda.

6. Kurangi Cahaya Biru
Cahaya biru memiliki panjang gelombang pendek dan diketahui menyebabkan kerusakan pada mata. Kurangi cahaya biru dengan menggunakan kacamata khusus atau kurangi suhu warna layar Anda. Ini ideal untuk penggunaan jangka panjang.