Menerbitkan sebuah naskah hingga akhirnya menjadi sebuah karya apik dan diterima masyarakat bukanlah sesuatu yang gampang. Apalagi untuk menemukan penerbit buku Islam terbaik, butuh perjuangan dan analisis kuat agar bisa menemukan satu saja namun siap dan punya komitmen tinggi.

Cara Memilih Penerbit Buku Islam Terbaik

Bagi sebagian penulis apalagi pemula pasti sudah pernah merasakan betapa sulitnya mencari penerbit yang siap menjadikan naskah menjadi buku dengan kemasan menarik. Namun tidak ada salahnya, Anda juga menetapkan standar tersendiri untuk memberikan poin-poin untuk mendapatkan penerbit buku Islam terbaik.

  1.     Perhatikan Reputasi Penerbit

Langkah pertama yang harus menjadi perhatian serius adalah melihat terlebih dahulu reputasi dari penerbit tersebut. Walaupun sudah masuk ke tingkat mayor namun jangan terlalu terburu-buru untuk teken kontrak. Anda bisa periksa melalui berbagai cara, salah satunya adalah melihat testimoni.

Gunakan relasi orang-orang terdekat yang pernah menggunakan jasa dari penerbit buku tersebut. Tanyakan bagaimana mereka menjalankan semua SOP. Apakah sesuai dengan profesionalitas, memuaskan atau tidak. Dengan begitu Anda punya pertimbangan dan alasan dasar kuat bekerja sama dengan penerbit tersebut.

  1.     Kualitas Pelayanan  Dari Penerbit

Penerbit buku Islam terbaik biasanya akan memberikan pelayanan terbaik bagi para kliennya. Baik baru maupun lama, semuanya disamaratakan tanpa ada perbedaan. Pilihlah tempat cetak dimana Anda merasa nyaman untuk melakukan komunikasi bahkan juga menceritakan semua kebutuhan secara detail.

Tanyakan semua kelengkapan yang dimiliki oleh penerbitan. Seperti jenis kerta untuk cover, atau isi di dalam, kemudian juga berapa banyak eksemplar, dan semacamnya. Karena dengan begitu hasil akhir akan sesuai dengan ekspektasi. Jangan sampai Anda merasa kecewa saat buku sudah diterbitkan.

  1.     Pembagian Royalti dari Penerbit

Nah faktor ini juga tidak boleh terlewatkan oleh Anda, yakni perhitungan untuk pembagian royalti dari penerbit. Biasanya masing-masing memang akan memiliki aturannya sendiri-sendiri.Jadi pastikan Anda sudah membicarakan hal ini dengan baik dan teliti, junjung tinggi transparansi agar tidak ada salah paham.

Menerbitkan sebuah buku di zaman sekarang ini memang bukan hal susah lagi, namun bukan berarti tidak mempertimbangkan hal-hal kecil yang bisa jadi penghambatnya. Oleh karena itu, maksimalkan jasa penerbit buku Islam terbaik.