Penjelasan Mengenai Review Secara Lebih Rinci

Blog review competition Fortune Indonesia

Pada pembahasan kali ini mari kita bahas lebih mendalam mengenai review, tanpa banyak basa basi lagi yuk langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

 

Pengertian Review

Review adalah ringkasan, tinjayan dari berbagai sumber yang ada bisa dari film, berita, buku, dan masih banyak lagi yang lainnya. Diantara kalian mungkin sudah sering mendengar mengenai review produk, review film, atau yang lainnya. Kehadiran review ini bisa tahu mengenai kelebihan dan juga kekurangan serta kualitas dari sebuah karya atau sebuah produk. Tujuannya ini dipakai untuk memberi informasi bagi para pembaca mengenai sesuatu cara untuk mengajak pembaca supaya menjadi penasaran. Review ini sangat penting juga untuk memasarkan suatu produk.

 

Cara Membuat Review

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan kegiatan yang satu ini, ini dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

·         Memiliki barang yang akan diulas

·         Menguasai dan memahami berbagai hal yang memiliki keterkaitan dengan barang yang akan direview

·         Menuliskan mengenai kelemahan dan kelebihan dari barang yang ada

·         Tuliskan mengenai pemikiran Anda untuk barang tersebut, lalu berikan juga rekomendasi mengenai barang untuk pembaca atau penonton.

 

Ciri-Ciri Review

Ini dia beberapa ciri review yang ada:

1.       Tinjauan yang lebih focus untuk kata sifar

2.       Menggunakan kata data atau menggunakan klausa yang cukup panjang dan juga complex

3.       Menggunakan perumpamaan


Tujuan Review

Biasanya setiap penulis ini memiliki tujuan yang berbeda- beda dalam mereview, tapi tujuan yang paling utama adalah untuk memberikan informasi, gagasan, dan gambaran untuk sebuah produk atau karya yang dibuat. Saat ini review ini memiliki jangkauan yang lebih luas, jadi bukan hanya untuk mereview buku saja tapi sudah ada juga review produk, revie film, dan masih banyak lagi review lainnya. hal ini bisa Anda lihat juga dari banyaknya forum yang menjelaskan mengenai review untuk sebuahh produk atau sebuah karya.

 

Struktur Review

Sebuah review ini memiliki sebuah struktur yang umum. Untuk struktur yang pertama ada:

·         Pengenalan

Dalam bagian ini terdapat pengenalan secara umum mengenai hal yang akan di bahas atau di tinjau. Gambaran umum yang satu ini biasanya dimulai dengan nama, background, asal, dan yang lainnya.

·         Evaluasi

Dari sebuah hal atau sebuah produk lalu di lanjutkan lagi dengan interpretasi atau pandangan dari penulis untuk sesuatu yang dibahas. Karya atau benda yang di review ini akan dibandingkan dan di bedah lebih dalam lagi di bagian ini. Jika sudah ditemukan mengenai kurang dan lebihnya, di bagain akhir akan ditambahkan kesimpulan.

 

Cara Membuat Review Buku

Terdapat beberapa tahap yang bisa Anda perhatikan ketika Anda membuat review buku, tujuannya ini supaya para pembaca bisa menerima hasil review dengan baik. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

·         Review buku dengan menggunakan kalimat yang bisa menjelaskan mengenai isi buku yang di review

·         Tulis hal yang kalian sukai dari buku yang kalian review

·         Tulis hal yang tidak kalian sukai dari buku yang kalian review

·         Tulis lagi lebih ringkas mengenai pemikiran kalian mengenai isi buku tersebut, didalamnya juga kalian bisa memuliskan rekomendasi untuk pembaca mengenai alasan untuk dapat membaca buku ini atau tidak.

·         Paling terakhir bisa menabahkan rating untuk buku yang sudah kalian baca.

 

Nah mungkin itu saja penjelasan yang bisa diberikan untuk Anda, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda ya!