Penyembuhan Mesothelioma

Kanker Mesothelioma sebagai salah satunya tipe kanker yang jarang ada dan tidak bisa sembuh sampai sekarang. Penyembuhan dilaksanakan untuk mengontrol atau kurangi tanda-tanda yang dirasakan dan perpanjang peluang hidup pasien. Cara penyembuhan biasanya ditetapkan berdasar faktor-faktor, yakni:

  1. Umur dan keadaan kesehatan pasien keseluruhannya.
  2. Type dan lokasi mesothelioma.
  3. Fase atau penebaran sel kanker pada tubuh.
  4. Ukuran mesothelioma

Ada banyak cara penyembuhan yang kemungkinan direferensikan oleh dokter, yakni:

  • Kemoterapi

Therapy penyembuhan dengan beberapa obat antikanker untuk merusak atau menghalangi perkembangan sel kanker yang tidak bisa ditiadakan lewat perlakuan pembandinghan. Kemoterapi bisa dilaksanakan saat sebelum atau sesudah operasi untuk memperkecil tumor, mempermudah proses pengangkatan tumor, dan kurangi resiko kanker ada kembali.

  • Therapy radiasi (radioterapi)

therapy penyembuhan dengan cahaya X dan cahaya proton yang diprioritaskan pada tempat badan tertentu. Radioterapi umumnya dilaksanakan sesudah pasien jalani proses operasi, untuk hilangkan tersisa sel kanker. Therapy penyembuhan ini dilaksanakan untuk kurangi tanda-tanda kanker tahapan lanjut saat operasi tidak mungkin untuk dilaksanakan.

  • Operasi

Perlakuan pembandinghan dilaksanakan saat mesothelioma masih ada pada fase awalnya. Ada banyak opsi perlakuan yang kemungkinan dilaksanakan dokter sepanjang operasi. Salah satunya ialah:

  1. Pengangkatan sel kanker sebanyak-banyaknya dari badan pasien. Perlakuan ini bisa mendukung penyembuhan pasien dengan radioterapi untuk kurangi rasa ngilu dan menghalangi perkembangan kanker.
  2. Penghisapan cairan karena penimbunan cairan di tempat dada yang bisa mengusik pernafasan. Perlakuan ini dilaksanakan dengan masukkan tabung kateter ke dada untuk mengisap cairan. Dokter dapat menyuntikkan obat untuk menyambung rongga pleura hingga cairan tidak bisa menimbun kembali. Perlakuan ini dikenali dengan pleurodesis
  3. Pengangkatan jaringan disekitaran rongga perut, tulang rusuk, atau paru yang terserang sel kanker.
  4. Pengangkatan sisi organ paru yang terserang dan jaringan disekelilingnya. Proses ini umumnya diteruskan dengan radioterapi.
  • Multimodality terapi.

Therapy ini sebagai kombinasi dari 3 cara penyembuhan ataupun lebih, misalkan pembandinghan, kemoterapi pascaoperasi dan therapy radiasi untuk membesarkan tingkat kesuksesan penyembuhan.

  • Tahapan riset

Dokter akan memberitahukan ke pasien mengenai sistem penyembuhan yang masih juga dalam tahapan riset. Tetapi, peluang pasien untuk pulih belumlah diketahui dengan cara tepat, hingga perlu diperhitungkan dengan teliti. Di lain sisi, sistem penyembuhan ini bisa tingkatkan peluang dokter untuk pelajari selanjutnya tentang penyembuhan mesothelioma.

Ada banyak sistem penyembuhan yang masih juga dalam tahapan riset yang bisa dilaksanakan pasien, yakni:

  1. Therapy biologis – memakai mekanisme ketahanan tubuh pasien untuk menantang kanker, atau disebutkan imunoterapi.
  2. Therapy gen – mengganti gen yang ada dalam sel kanker untuk hentikan penyakit ini.
  3. Therapy sasaran – memakai obat untuk serang abnormalitas/abnormalitas yang terjadi dalam sel kanker.