Persyaratan Melamar Kerja sebagai Penyiar Radio

 

Radio masih menjadi pilihan walaupun sudah banyak media baru sebagai sarana hiburan. Berprofesi sebagai seorang penyiar radio pun masih banyak diminati oleh banyak orang. Lantas, apa sajakah persyaratan melamar kerja di bidang ini?

Persyaratan Melamar Kerja sebagai Penyiar Radio

Penyiar radio adalah orang yang bertugas untuk memandu atau membawakan program acara untuk disiarkan di radio. Program acaranya antara lain talk show, pemutaran lagu, atau berita. Untuk bekerja pada bidang ini dibutuhkan beberapa skill sebagai persyaratan melamar kerja, sebagai berikut ini.

1.     Kemampuan dalam Berbicara

Pertama yang menjadi persyaratan melamar kerja sebagai penyiar radio adalah keterampilan berbicara. Keterampilan ini mengharuskan Anda berbicara menggunakan intonasi yang tepat, memperhatikan kecepatan, intonasi, dan artikulasi yang jelas. Pekerja dituntut mempunyai metode vokal baik.

Beberapa cara dapat dicoba untuk meningkatkan teknik vokal. Seperti melatih pernapasan, belajar metode hamming dan mempelajari cara pelafalan huruf vokal. Bisa juga dengan belajar bersama atau meminta saran dari rekan yang berpengalaman dalam dunia penyiaran

2.     Keterampilan dalam Hal Teknis

Bekerja sebagai penyiar radio mengharuskan untuk mampu mengoperasikan peralatan untuk siaran radio guna mempermudah proses siaran. Alat yang biasanya digunakan antara lain microphone dan headphone, komputer, audio mixer, dan lain-lain. Cobalah untuk belajar hal yang paling basic.

3.     Berpengetahuan Luas dan Selalu Update Hal Terbaru

Sebagai seorang penyiar radio, tentu diharuskan berwawasan luas dan selalu up-to-date. Sebab tugasnya adalah memberikan kabar terbaru dan masih hangat pada para pendengarnya. Kemampuan ini dibutuhkan untuk menciptakan siaran yang menarik, berbobot, dan dapat menghibur.

4.     Interpersonal Skill

Interpersonal Skill atau kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dibutuhkan dalam profesi ini. Sebab, penyiar radio harus mampu mewawancarai bintang tamu dan menerima panggilan dari pendengar ketika sadang on air. Di sini keterampilan memahami dan mendengar juga diperlukan.

5.     Kepercayaan Diri

Menjadi penyiar radio profesional tentu harus percaya diri. Walaupun saat siaran tidak ada yang melihat, perasaan gugup pasti datang. Cobalah untuk sering berlatih menggunakan cermin sebagai lawan bicara untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Itulah beberapa skill yang wajib dimiliki untuk memenuhi persyaratan melamar kerja sebagai penyiar radio. Apakah semakin tertarik berkarier di profesi ini? Jangan lupa untuk menyiapkan berkas lamaran dan meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan. Good luck!