Sebelum kita lanjut artikel tentang Rahasia Menjaga Burung Agar Sehat, Simak Yuk Penjelasannya!, Sekedar kami info:

Jika anda ingin mendapat vitamin burung terbaik kunjungi website vitamin burung.

Burung merupakan hewan yang ternama buat dipelihara dalam rumah. Burung-burung punyai daya magnetnya spesifik, mulai dengan bulu-bulunya yang berbagai warna, sampai kicauannya yang merdu. Tersebut merupakan sejumlah tehnik dan teknik menjaga burung yang akurat.

Teknik Menjaga Burung

Burung jadi salah satunya hewan piaraan rumah paling disukai. Kemunculan mereka dapat menjadi sobat dalam rumah lantaran burung suka juga berhubungan dengan manusia, pula suara nyanyiannya yang bikin keadaan lebih damai.

Ternyata dengan memiara burung, sekalian turunkan tingkat depresi. Membelai hewan bisa terbuktikan bisa kurangi depresi dan turunkan penekanan darah.

Tapi, seperti hewan piaraan yang lain, dibutuhkan waktu, uang, dan pengetahuan yang cukup supaya dapat menjaga burung secara bagus dan panjang umurnya.

1. Beri Kandang yang Nyaman dan Aman

Kandang yang lumayan luas sangatlah diperlukan burung buat latih sayapnya dan memanjat. Disinilah tempat di mana burung dapat menggunakan kebanyakan waktunya.

Supaya tak membataskan geraknya, yakini kalau tak beli kandang yang kekecilan.

Tidak hanya itu, burung merupakan makhluk yang pandai, jadi waspadalah lantaran mereka kerap mendapati teknik buat larikan diri dari kandang. Gunakan gembok kunci dapat menegaskan supaya burung aman di sangkar.

2. Tehnik Letakkan Kandang

Sehabis beli kandang yang benar buat burung, teknik menjaga burung sesudah itu memposisikan kandang di tempat terunggul.

Burung merupakan makhluk yang responsif kepada perombakan temperatur, sinar, dan asap. Oleh karena itu, mereka perlu aliran udara yang cukup bagus. Juga asap berbahan kimia pencuci, rokok, dan cat anyar dapat mencelakai burung.

Dapat letakkan kandang burung di ruangan rumah yang cukup terserang cahaya matahari. Burung jadi dapat mendapatkan vitamin D yang cukup maka dari itu bagus buat tulang mereka.

Tempatkan kandang pula tidak tinggi maupun rendah. Kalau begitu rendah, burung dapat berasa takut dan resah. Kebalikannya, kalau begitu tinggi dari ketinggian mata, mereka dapat berasa terisolasi dari beberapa orang di bawahnya.

3. Membersihkan Kandang Sekerap Kemungkinan

Teknik menjaga burung pun tidak terlepas dari perhatikan kebersihan kandangnya. Dengan perhatikan kebersihan kandang, pula memperhatikan kesehatan burung.

Ada bagian bagian dari kandang burung yang penting kerap dibikin bersih.

Umpamanya, alas kandang yang penting ditukar tiap-tiap hari atau dibasuh buat bersihkan kotoran burung.

Tempat minum serta makan harus dibikin bersih tiap-tiap hari beserta air hangat dan sabun supaya bebas bakteri.

Buat kandang, mengusahakan agar buat bersihkan satu minggu sekali dengan gunakan sabun dan air hangat.

Permukaan plastik kandang burung juga dapat dicuci dengan larutan cuka dan air. Atau juga dapat gunakan pemutih rumah biasa buat membersihkan permukaan kandang.

Pembersihan dan desinfektan utuh ini diperlukan di seluruhnya ruangan kandang buat menghilangkan bakteri yang melekat.

4. Simak Gizinya

Gizi yang cukup bertindak penting dalam perawatan burung supaya selalu sehat. Di saat di alam liar, burung dapat menggunakan beberapa ragam makanan buat penuhi keperluannya.

Begitu pula halnya secara menjaga burung piaraan. Skema makan yang bagus dapat menambah metode kekuatannya maka dari itu dapat menolak beberapa penyakit.

Burung harus dikasih makanan dengan gabungan makanan yang alamiah dan memiliki kualitas tinggi.

Umpamanya saja buah fresh, rumput-rumputan, bunga asli, sayur, dan seterusnya yang aman dan sama dengan spesies burung.

Kalau kuatir, coba komunikasikan lebih dahulu dengan pakar dan populasi buat menegaskan makanan burung udah sama sesuai buat mereka dan tak beracun.

Florivora: Sejumlah bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, kulit kayu, akar, berikan. Contoh burung: Macaw Militer, Macaw Biru Emas, dan Beo Merah

Granivora: Sejumlah bijian. Contoh burung: Budgerigar, Cockatiel, Hyacinth Macaw.

Frugivora: Rata-rata buah dan bunga; kacang-kacangan dan sejumlah bijian. Contoh burung: Macaw Leher Biru, Green-winged Macaw.

Omnivora: Sejumlah bijian, buah-buahan, serangga, invertebrata. Contoh burung: Kakatua Koki, Amazona Arausiaca.

Nectarivora: Serbuk sari, sejumlah serangga, dan biji. Contoh burung: Lorikeet, lory.

Jadi catatan, Baiknya mengelit pemberian makanan di burung yang ada kandungan cafein. Burung yang kerap memakai kopi punyai soal di jantung dan mengakibatkan mereka buat bertingkah hiperaktif.

Pula, alpukat sangatlah beresiko buat burung lantaran kandungan persin didalamnya dapat sebabkan nekrosis miokardial, adalah problem di jantung lantaran pemersempitan pembuluh darah koroner, maka dari itu sebabkan kematian tiba-tiba. Burung-burung seperti kenari dan budgies merupakan type burung yang amat mudah kepada penyakit ini.

5. Mengawasi Kebersihan Bulu-bulunya

Burung habiskan waktu sekian jam sehari-harinya buat menyisir bulu-bulu mereka dengan paruh. Masalah ini mereka kerjakan buat mengawasi bulu-bulu selalu lempeng dan tahan pada air.

Sama dengan piaraan yang lain, teknik menjaga burung pula butuh dirawat bulu-bulu dan kulitnya supaya mereka suka dan sehat.

Buat itu, beberapa burung menggemari air dan sangatlah nikmati di saat mereka dimandikan. Mandi bukan sekedar melenyapkan kotoran akan tetapi juga dapat mengawasi kelembapan kulit burung.

Mandi juga dapat bersihkan kutu, parasit, dan tungau yang kemungkinan bersarang di bulu-bulu mereka. Burung yang jarang-jarang dimandikan rata-rata sangatlah mudah punyai bulu-bulu yang cepat hancur dan kering.

Tapi, butuh perhatikan metoda mandi yang dipakai buat tiap-tiap spesies burung. Dilansir dari Hagen Aviculture Research Institute, ada sekian banyak metoda yang dapat dipakai buat memandikan beberapa model burung, adalah:

Pada spesies burung beo yang ternama, rata-rata lebih senang mandi dan rendam.
Soft bills, Lories, Quaker, Kenari, Lovebirds, dan yang lain lebih senang gunakan tehnik birdbath. Mam dan Dads cukup isi mangkok dangkal beserta air sedalam 1-2 inchi (tidak kurang dari ketinggian burung).

Selanjutnya, burung dapat mandi sendiri, jadi Mam dan Dads cukup bersihkan recikan air buat menghalang perkembangan bakteri.

African Grey lebih nikmati mandi secara rata ke badan mereka.
Sehabis burung dimandikan, keringkan bulu-bulunya secara diangin-anginkan lebih dahulu.

Diamkan bulu-bulu burung cukup kering, baru dijemur. Arahnya supaya burung selanjutnya dapat berlindung sendiri kalau mereka berasa cahaya matahari begitu panas.

6. Hubungan dan Publikasi

Mendalami tabiat burung di alam liar begitu penting supaya teknik menjaga burung lebih benar jadi hewan piaraan.

Umpamanya saja, burung beo yang disebut hewan sosial di alam liar. Mereka terlatih duduk, terbang, dan cari makanan dengan temanan.

Oleh karena itu, burung pula perlu perhatian dari manusia. Di saat berhubungan dan merajut pertalian, bukan cuma bagus buat burung, tetapi masalah ini juga dapat menambah kesehatan manusia.

Diberitakan dari Pet Ownership and Human Health, fungsi dalam memiara hewan piaraan merupakan tingkat keberlanjutan hidup yang bertambah tinggi, pengurangan dampak penyakit kardiovaskular, dan penambahan kesehatan psikis.

Kicauan burung pula ternyata dapat mengakibatkan hati santai untuk pendengarnya. Kalau didengar pada pagi hari, orang yang dengar kicauan burung dapat berasa makin tenang dan damai. Kondisi ini juga dapat membikin keadaan lingkungan yang alamiah dan asri.

Teknik menjaga burung memang tidaklah ada yang instant, diperlukan kesabaran dan jam yang cukup saat sebelum dekat dengan burung. Tapi, dengan menjaganya tiap-tiap hari dengan tekun, burung dapat tumbuh sehat dan berkicau dengan cerah.

7. Siapkan Mainan dan Makanan Kunyah

Seperti sama hewan piaraan yang lain, burung juga sukai bermain. Mainan dapat kurangi kebosanan mereka di saat di kandang kelamaan. Masalah ini juga dapat memajukan mereka buat mengerjakan olahraga.

Seperti manusia, ketenteraman di kandang pula penting menjadi perhatian. Tiap-tiap burung lantas punyai rutinitas pujaan mereka semasing.

Burung Beo umpamanya, perlu mainan buat dikunyah. Sementara Kenari menggemari bel atau ayunan.

Banyak mainan sebagai berikut dapat memberinya rutinitas di burung maka dari itu mereka tak berasa suntuk.

Umumnya, burung sangat juga senang kunyah mainan dan makanan lantaran masalah ini dapat menolong mengawasi paruh mereka pada situasi sempurna.

Jadi teknik menjaga burung, dapat membelikan mainan kunyah seperti biji pinus, kulit mentah, tali serat alami, dan cabang pohon.

Info lainnya kunjungi agen vitamin burung