Rekreasi di Nusa Penida ya Apa Anda pernah tiba ke Nusa Penida atau berkunjung Nuda Penida? Nama Nusa Penida adalah teritori rekreasi di Bali yang kenal untuk pelancong luar dan dalam negeri. Bahkan juga banyak pelancong luar negeri yang selalu ingin kembali lagi ke Nusa Penida bila berkunjung ke Bali. Nusa Penida sebagai nama sebuah pulau yang persisnya ada pada bagian tenggara dari pulau Bali. Nuda Penida dan Bali cuman dipisah oleh sebuah selat namanya Selat Badung. Nusa Penida sendiri sebetulnya berisi beberapa pulau kecil seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Nusa Penida sebagai teritori pulau dengan luas yang terbesar. Sementara Nusa Ceningan ialah pulau yang paling kecil. Beberapa wisatawan asing umumnya akan tiba ke Nusa Lembongan untuk nikmati waktu liburan. Nusa Penida sering jadi opsi dari tempat rekreasi di Bali yang harus di datangi.

Bila Anda tiba ke Nuda Penida, karena itu silakan bertandang ke sejumlah tempat wisata misalnya:

Pantai Pasig Uug

Pantai Pasig Uug adalah pantai favorite untuk semua pelancong yang tiba ke Nusa Penida. Pantai yang berada di dusun Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida ini mempunyai keunikan berbentuk tebing – tebing yang lebih menjuru ke laut. Pantai Pasig Uug betul – betul benar-benar natural serta tidak mempunyai pura sama dalam pantai lain di Bali. Suara ombak yang tenang di pantai ini membuat seluruh orang yang tiba akan berasa berkesan. Disamping itu air di pantai Pasig Uug masih jernih dan biru.

Situasi sekitaran pantai juga tenang hingga beberapa orang yang tiba untuk menentramkan diri atau melepaskan depresi. Pantai Pasig Uug sebagai teritori perairan sebagai rumah ikan pari dan penyu, hingga Anda dapat menyaksikan ikan pari dan penyu yang berenang di air yang biru.

Untuk tempat photo yang memikat Anda dapat coba sebuah tebing yang patah tetapi tetap tersambung ke segi daratan lainnya. Dari tempat ini panorama pantai akan kelihatan benar-benar cantik. Untuk mencapai Pantai Pasig Uug Anda dapat seberang dari Pantai Sanur, Padang Bay atau Tanjung Benoa. Setelah tiba di Nusa Penida Anda dapat sewa motor atau mobil. Pantai Pasig Uug dapat menjadi tujuan seterusnya sesudah pantai paling indah di Indonesia yang harus didatangi.

Mata Air Engganing

Mata Air Engganing persisnya berada di teritori Sebuluh persisnya Dusun Cacah. Mata Air Engganing benar-benar populer di Nusa Penida dan terhitung tempat rekreasi yang paling cantik. Anda dapat nikmati panorama air terjun yang paling mengagumkan. Tetapi untuk capai ke sisi air terjun karena itu Anda harus melalui medan jalan yang lumayan berat sepanjang 30 menit.

Jalan untuk capai mata air benar-benar licin, penuh batu dan curam. Karenanya dibutuhkan keberanian dan niat yang paling kuat. Tetapi panorama alam mata air dan air terjun yang paling cantik akan bayar semua perjalanan berat itu. Untuk mencapi tempat ini Anda mulai bisa perjalanan dari dermaga Toyapakeh. Waktu terbaik untuk berkunjung mata air ialah saat musim panas atau kering. Bila Anda memang sukai dengan tempat wisata air terjun karena itu janganlah lupa untuk tiba ke air terjun di Indonesia yang harus di datangi.

baca : 7 Restaurant di Jakarta untuk Rayakan Ulangi Tahun

Pantai Atu

Pantai Atuh menjadi satu diantara pantai yang paling tenang dan membahagiakan di Nusa Penida. Pantai Atuh memberinya situasi yang paling tenang dan panorama yang paling cantik. Pantai Atuh persisnya berada di teritori Banjar Pelilit, Dusun Pejukutan. Untuk capai lokasi pantai Atuh karena itu umumnya pengunjung akan menyusui jalan setapak sepanjang 50 menit dengan medan datar dan terjal.

Pantai Atuh mempunyai watak pasir putih yang paling cantik dan air yang biru dan ombak yang tenang. Pantai Atuh menghampar luas sekitaran 500 mtr.. Sisi ujung dari Pantai Atuh terbatasi oleh 2 buah pulau yang kerap dinamai Batu Abah. Di pulau itu ada sebuah pura yang dipakai untuk beribadah warga di teritori Banjar Pelilit. Tetapi kadang Pantai Atuh mempunyai ombak yang lumayan besar hingga harus berhati-hati bila ingin berenang.

Pantai Kristal

Pantai Kristal sebagai salah satunya pantai cantik yang berada di Dusun Sakti, Kabupaten Klungkung. Ada beberapa aktivitas yang dapat dilaksanakan oleh pengunjung terhitung untuk diving atau sekadar nikmati panorama. Sisi pantai kelihatan menjuru ke dataran dan di bagian dalamnya ada sebuah pulau kecil yang diberi nama Batu Mejineng.

Di pulau kecil ini ada juga sebuah pura yang dipakai oleh warna Dusun Sakti. Pantai Kristal bahkan juga jadi pantai yang sering jadi object opsi oleh wisatawan luar negeri. Beberapa wisatawan asing selalu takjub dengan panorama biota laut dan terumbu karang yang paling cantik.

5. Friends of National Parks Foundation (FNPP) dan Bird Sanctuary

FNPP dan Bird Sanctuary ialah sebuah penangkaran burung yang berada di Nusa Penida dengan arah untuk melestarikan komunitas burung Jalak Bali. Awalnya burung Jalak Bali cuman dipiara di TNBB ( Taman Nasional Bali Barat) tetapi saat ini ada pula di Nusa Penida.

Tempat penangkaran burung yang berada di Dusun Ped, Nusa Penida. Anda dapat capai tempat ini sekitaran 40 menit dari dermaga. Harga ticket untuk masuk ke FNPP cuman sekitaran Rp 10.000 saja. Anda dapat menyaksikan panorama dan situasi dusun yang bagus sekali. Dan tentu saja dapat menyaksikan Jalak Bali yang paling cantik.

baca : 18 Street Food Pulau Jeju Paling Murah dan Nikmat, Harus Dicoba!

Manta Poin

Untuk Anda yang menyenangi rekreasi air dan penjelajahan di bawah air karena itu harus coba diving atau snorkeling di Manta Poin. Teritori ini bukan hanya memberinya panorama bawah laut yang cantik tetapi juga petulangan perjalanan yang paling cantik. Saat sebelum capai laut yang hendak jadi tempat diving karena itu semuanya wajib jalan melalui bukit-bukit yang paling cantik.

Kemudian pengunjung dapat coba diving dan menyaksikan beberapa biota laut yang paling ciri khas seperti hiu biru, hiu bambu, terumbu karang, dan beragam tipe ikan lain. Tetapi semua pengunjung dianjurkan untuk memakai jasa pemandu karena penekanan ombak yang tidak konstan.

Malibu Poin

Bila Anda telah nikmati Manta Poin dan masih ingin berpetualang karena itu janganlah lupa untuk masuk ke Malibu Poin. Teritori menyelam yang populer mempunyai tingkat visibility yang baik sekali ini jadi tujuan beberapa pelancong. Teritori ini mempunyai terumbu karang yang semakin banyak dan biota hiu biru yang paling populer.

Dengan kedalaman sekitaran 40 mtr. dari permukaan air karena itu penyelam dapat nikmati temanan ikan hiu yang telah terlatih dengan manusia. Sudah pasti ini akan memberinya pengalaman menyelam yang paling berlainan.

Batu Meling

Batu Meling menjadi spot penyelaman yang paling cantik dan tidak terlewatkan untuk semuanya pengunjung. Untuk capai tempat ini dapat dilakukan dengan memakai kapal sepanjang 1 jam dari dermaga khusus Nusa Penida. Perairan di teritori Batu Meling populer benar-benar jernih hingga semua biota laut dapat kelihatan secara jelas.

Disamping itu di bagian dalam perairan ada sebuah bukit yang banyak oleh rumput liar seperti bukit yang berada di dataran. Pada bukit-bukit ini ada batu yang berlubang hingga diberi nama Batu Meling. Ikan pari dan hiu biru masih jadi biota sasaran oleh semua penyelam . Maka tidak boleh sangsi untuk coba menyelam di Batu Meling.

Gua Giri Putri

Gua Giri Putri adalah gua yang berada di Dusun Suana, Kabupaten Klungkung, Nusa Penida. Gua Giri Putri mempunyai bangunan pura didalamnya dan jadi tempat beribadah untuk warga Bali. Gua ini jadi penyembahan pada Dewa Siwa yang dipercayai untuk memiara dan menjaga manusia. Panjang Gua Giri Putri ialah sekitaran 262 mtr. dan berada di 150 mtr. di permukaan laut. Sisi gua mempunyai keunikan yang bagus sekali seperti kelelawar, stalagmit dan stalagtit. Satu tempat persembahan ada pada bagian depan gua dan tiga tempat persembahan ada pada bagian dalam gua. Di bagian dalam gua diketemukan saluran air yang dipercayai sebagai air suci. Warga lokal akan berkunjung gua ini untuk melaksanakan ibadah di hari Kuningan dan Galungan. Sisi lain yang memikat pada gua ini ialah pintu masuk yang paling kecil tetapi saat badan telah masuk ke sisi dalam gua maka kelihatan besar dan benar-benar luas.

baca juga : liburan murah di jakarta ke pulau kelapa resort

Pura Pucuk Mundi

Pura Pucuk Mundi adalah pura yang berada pada 521 mtr. di permukaan laut. Pura ini mempunyai wujud yang paling ciri khas selainnya lajur masuk dengan medan yang cukup tajam dan berliku. Pura ini terhitung salah satunya pura yang tertinggi di Nusa Penida. Bila Anda tiba dari dermaga Nusa Penida karena itu cukup memerlukan waktu sekitaran 1 jam saja. Sisi yang memikat pada pura ini ialah temperatur yang paling dingin dan situasi yang membahagiakan.