Tertarik dengan Industri Kreatif Indonesia? Simak Di sini!

Globalisasi memiliki pengaruh pada perekonomian. Karena alasan itu, Indonesia saat ini sedang mengembangkan ekonomi kreatif yang kemudian menumbuhkan industri kreatif Indonesia. Jika industri kreatif semakin berkembang, ekonomi Indonesia dapat bersaing dengan negara yang lain.

Pemerintah saat ini menaruh perhatian tinggi terhadap industri-industri kreatif yang menghasilkan produk yang kreatif, unik, dan juga menarik bagi banyak orang. Jika kamu penasaran mengenai industri kreatif, simak tulisan ini hingga akhir, ya!

Definisi Industri Kreatif

Saat seseorang atau sekelompok orang dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat dijadikan produk ekonomi, tanpa mengeksploitasi Sumber Daya Alam (SDA), proses penciptaan tersebut dapat disebut dengan industri kreatif.

Industri kreatif menggunakan konsep ekonomi kreatif, dimana segala sesuatu yang dihasilkan harus berasal dari pemikiran, ide, dan juga kreativitas manusia yang kemudian menghasilkan inovasi. Dalam perjalanannya, industri kreatif ini akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, lho.

Hal itu dikarenakan industri kreatif berfokus terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utamanya. Karena hal inilah, pemerintah mengembangkan konsep ekonomi kreatif yang menghasilkan industri kreatif.

Manfaat Industri Kreatif

Dengan menciptakan lapangan pekerjaan, industri kreatif dapat menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa manfaat lain dari industri kreatif ini? Manfaat lain dari industri kreatif di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Daya Saing dan Perekonomian Negara

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, produk dari industri kreatif dihasilkan dari pemikiran, ide, dan juga pengetahuan manusia. Ide dan pemikiran manusia tentu saja berangkat dari kebutuhan dan juga keadaan yang sedang terjadi.

Karena itulah, inovasi yang dilakukan dapat menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan dan juga menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh banyak orang.

Produk yang dihasilkan dari industri kreatif Indonesia dapat bersaing baik dengan produk dalam negeri lainnya atau juga dapat bersaing secara Internasional. Jika industri kreatif semakin berkembang, perekonomian negara juga dapat ikut berkembang, bukan?

2. Mengembangkan Potensi yang Ada pada Masyarakat

Dalam konsep ekonomi kreatif, Sumber Daya Manusia merupakan faktor utama yang berpengaruh terhadap produksi. Hal itu dikarenakan produk dihasilkan dari pemikiran dan juga kreativitas Sumber Daya Manusia tersebut.

Jika industri ekonomi semakin banyak dan juga berkembang, kamu dapat menyimpulkan bahwa kreativitas dan juga potensi yang ada pada masyarakat juga ikut berkembang. Perkembangan kreativitas dan potensi tersebut dikarenakan tuntutan yang didapatkan dari konsep ekonomi kreatif.

Saat satu industri kreatif muncul, kamu juga dapat melihat bahwa hal tersebut dapat memberikan motivasi kepada masyarakat. Tentunya dengan tujuan untuk memunculkan industri kreatif yang lainnya dan kemudian mengembangkan kreativitas, bakat, dan juga keahlian.

Industri Kreatif yang Memiliki Potensi untuk Memajukan Perekonomian Negara

Terdapat 16 jenis industri kreatif yang dikategorikan oleh BEKRAF, yaitu musik, kuliner, arsitektur, kerajinan, penerbitan, research and development, film, seni pertunjukkan, fotografi, TV dan radio, fashion, video, desain, advertising (periklanan), permainan interaktif juga layanan komputer, dan perangkat lunak (software).

Dari 16 jenis industri kreatif tersebut, ada 3 jenis yang memiliki potensi besar untuk dapat memajukan perekonomian negara menurut Kepala BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif), yaitu kuliner, fashion, dan juga kerajinan.

Industri fashion memiliki potensi untuk berkembang dengan pesat, selama para desainer masih memiliki ide kreatif yang akan menghasilkan pakaian-pakaian yang bagus juga menarik. Hal ini dikarenakan pakaian merupakan kebutuhan primer, dimana manusia akan selalu mencari dan membutuhkannya.

Hal yang sama pula berlaku dengan industri kuliner. Karena berfokus terhadap makanan, dan setiap orang memiliki cita rasa dan juga keinginannya masing-masing, industri ini memiliki potensi untuk dapat berkembang.

Saat ini, banyak orang yang melakukan wisata kuliner dan mencari makanan yang bukan hanya dapat mengenyangkan, tapi juga aneh, menarik, atau juga inovatif. Sedangkan industri kerajinan yang menghasilkan barang-barang juga berpotensi untuk memajukan ekonomi negara.

Industri kreatif Indonesia di bidang kerajinan ini menggunakan bahan baku yang didapatkan dari lingkungan. Misalnya saja, kayu atau bambu untuk menghasilkan barang mulai dari yang sederhana hingga yang rumit.

Konsep ekonomi kreatif yang menghasilkan industri kreatif memiliki manfaat, bukan hanya pada negara tapi juga terhadap masyarakat. Jika kamu tertarik, kamu bisa menjadi pelaku ekonomi kreatif dan menyalurkan ide serta kreativitasmu, lho.