Membuat burung Anda terima Anda mengelusnya lebih mengenai menyesuaikan dengan burung Anda dan belajar bekerja dengan pribadinya dibanding mengenai pelatihan. Tingkat kenyamanan satu ekor burung dengan manusia dapat benar-benar bervariatif, dan beberapa menyenangi ruangan pribadinya. Bila Anda mempunyai burung yang tidak senang disentuh, Anda perlu pelajari langkah dekatinya untuk membuat nyaman dengan kontak.

Bila Anda mempunyai burung yang menyukai diemong dan senang bersinggungan dengan manusia, kemungkinan tak perlu banyak usaha untuk bikin burung Anda tundukkan kepalanya supaya Anda bisa menggaruknya. Beberapa burung, seperti burung beo, parkit, dan parkit lebih condong meluluskan untuk disentuh dibanding yang lain. Tapi bahkan juga dalam spesies burung, ada personalitas yang berbeda.

Anda dapat lakukan sedikit training untuk bikin burung Anda semakin nyaman dengan ide mengelus. Seperti wujud training yang lain, kerjakan sikap itu dengan sesion yang cepat dan kerap dan tidak boleh memaksain diri bila burung Anda capek atau rewel. Anda selalu bisa coba kembali di lain waktu.

Dalami Kode Sesuai Karakternya Burung Anda

Saat latih burung Anda untuk terima belaian, langkah awal ialah membaca kode yang diberi burung Anda.

Apa burung Anda berlaku kaku dan memandang Anda saat Anda dekatinya? Apa dia lari, coba menggerakkan Anda, atau bahkan juga coba menggigit Anda? Ini ialah tanda yang pasti jika burung Anda tidak nyaman dengan yang terjadi. Pemilik kemungkinan mendapati jika raih kepala burung untuk dibelai bisa dipandang seperti teror, terlebih bila Anda coba raih sisi belakang kepala. Bila Anda meremehkan bahasa badan burung yang depresi, bersiap-siaplah untuk peluang gigitan darinya.

Di lain sisi, burung yang menyukai dipiara ialah burung yang santai dan kerap melihat sedikit ke samping, atau bahkan juga tundukkan kepala, untuk dibelai dan dicakar. Beberapa akan tundukkan kepala serta tutup mata, tanda burung berbahagia yang seutuhnya yakin jika mengelus bukan ancaman.

metode-penjinakan-burung

Mulai Waktu Training Anda Secara Vital

Sebagai latihan Anda, pilih https://omkicau.id/ waktu tenang saat burung Anda sedang rileks, sesudah makan atau sebelum waktunya tidurnya yang biasa. Tujukan tangan Anda menuju burung Anda seutuhnya, dan berbicaralah kepadanya saat sebelum mengelusnya. Tidak boleh coba memaksakannya; bila burung itu menampik, istirahatlah.

Mulai Dengan Paruh

Coba sentuh dan membelai paruh burung Anda dengan enteng pada awalnya. Hati-hatilah tidak untuk menyikat matanya, dan bersiap-siaplah untuk coba menggigit Anda (sudah pasti lebih sebagai teror dari burung yang lebih besar). Bila burung Anda biarkan Anda sentuh paruhnya, coba gerakkan jari-jari Anda dengan bertahap ke kulit mukanya pas ada di belakang paruh. Kerjakan di seputar segi kepala burung bila Anda berasa nyaman dengan Anda mengelus mukanya dan paruh.

Berpindah ke Badan

Bila Anda dapat gerakkan badan burung, lakukan dengan tujuan alami bulu. Membelai bulu-bulu menuju butiran dapat membuat burung kesal. Belai dengan arah bulu-bulu merebahkan dengan alamiah, atau gores perlahan-lahan dari 1 segi ke bagian lain antara bulu-bulu. Pada akhirnya, saat burung Anda santai, Anda dapat memutar ke belakang lehernya dan kepala.

Permasalahan dan Sikap Pembuktian

Bila burung Anda lamban dalam membelai, tidak boleh menyerah. Mengambil cara terus latihan dan kecil. Bahkan juga cukup dengan memperlihatkan tangan Anda di muka burung Anda ialah cara yang berguna untuk selalu latihan dan akan membuat burung nyaman dengan tangan Anda. Walau dekapan yang bagus kemungkinan bagus untuk Anda dan burung Anda, sebaiknya untuk menghindar belaian yang terlalu berlebih dan jauhi membelai punggung dan badan burung Anda. Satu ekor burung dewasa kemungkinan mendapati belaian di tempat ini menggairahkan yang bisa mengakibatkan burung frustrasi secara seksual dan, pada gilirannya, bisa mengakibatkan permasalahan sikap.

Kekeliruan umum untuk pemilik burung ialah jika membelai jadi salah satu langkah Anda berhubungan dengan burung Anda. Burung memerlukan publikasi dengan beberapa langkah lain. Ikut dalam trick, permainan, penelusuran, mainan, sekedar kebersama-samaan, atau mengobrol. Burung Anda akan mendapatkan banyak faedah dari hubungan ini.

Selanjutnya, bila burung Anda tidak menyikapi usaha Anda untuk mengelusnya, Anda kemungkinan harus terima jika itu bukan burung yang menyukai diemong dan senang dengan mengaguminya dan menjaganya dari jarak jauh (atau, dari jarak dekat). Bertahan di dalam membelai burung yang tidak senang bersinggungan akan mengurangi keyakinan burung Anda di tempat lain dan bisa menghancurkan hubungan.