TIPS INTERVIEW YANG BAIK

TIPS INTERVIEW YANG BAIK

Interview atau wawancara merupakan kegiatan tanya-jawab secara lisan untuk mendapatkan informasi detail. Biasanya kita mendengar kata interview atau wawancara ini saat kita mendapatkan undangan interview. Interview yang baik adalah dengan mempersiapkannya dengan matang untuk menghindari nervous atau gugup saat menghadapi wawancara walaupun itu adalah hal yang wajar Itu adalah hal yang wajar. Namun tidak ada salahnya kita mempersiapkannya jauh-jauh hari. Agar  membuat Anda jauh  lebih siap menghadapi segala kemungkinan.

Apa saja tips agar lolos?

Berikut tips menghadapi interview yang baik :

1.      Lakukan riset tentang perusahaan

2.      Berlatih dan siapkan pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan interviewer

3.      Ceritakan kemampuan Anda dengan antusias serta percaya diri.

4.      Hindari penjelasan yang bertele-tele saat memberi jawaban panjang

5.      Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja sama dalam tim

6.      Jangan memikirkan jawaban terlalu lama

7.      Jawab dengan diplomatis, dan tegas

8.      Jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain)

9.      Buat value kamu terkesan mahal

10.    Pakaian rapi

11.    Siapkan pertanyaan kamu untuk interviewer terkait posisi,atau perusahaan yang kamu lamar

12.    Tunjukan kepercayadirian mu

13.    Pastikan jawaban kamu adalah fakta yang dapat dibuktikan kebenarannya

14.    Gunakan waktu sebaik mungkin

15.    Pahami CV mu sebelum memulai interview

Diatas merupakan tips sederhana dalam melakukan interview, selanjutnya merupakan beberapa contoh pertanyaan yang banyak ditanya oleh interviewer saat interview. Berikut pertanyaan-pertanyaannya :

Apa pertanyaan yang sering muncul?

“Coba ceritakan tentang diri Anda!”

Saat diminta menceritakan tentang diri Anda, bukan hanya kepribadian dan kesesuaian karakter dengan perusahaan yang ingin diketahui interviewer. Pertanyaan seperti ini juga berguna untuk mengukur kemampuan berkomunikasi Anda. Jadi sebisa mungkin jawablah dengan tenang tanpa terbata-bata atau bertele-tele. Lebih baik lagi jika Anda bisa menceritakan hal-hal yang belum tercantum di CV. Pada dasarnya mereka melihat kemampuan Anda melalui pertanyaan ini.

“Kenapa kami harus mempekerjakan kamu?”

Pastikan kamu menjawabnya, yaitu kamu bukan hanya bekerja tapi kamu jelaskan bahwa bisa menghasilkan yang terbaik, kamu mudah beradaptasi dengan tim dan budaya kerja

 

“Tolong jelaskan kelemahan Anda!”

 

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan untuk melihat kejujuran Anda dalam menilai diri sendiri. Jangan sampai Anda menjawab tidak punya kelemahan. Jawaban ini terlihat tidak jujur dan mengesankan sombong. Sebaiknya carilah satu hal yang bukan termasuk kelebihan Anda, namun juga bukan kelemahan fatal. Pastikan Anda memberikan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut. Jawaban seperti ini menunjukkan kalau Anda adalah sosok yang selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik.

Diatas merupakan beberapa pertanyaan yang sering muncul dan juga krusial. Jadi setelah membaca, kalian sudah bisa mnerapkannya. Semoga berhasil!!