Freon yang berfungsi mengubah udara panas menjadi dingin pada AC dapat habis sewaktu-waktu. Biaya isi ulang freon, umumnya tergantung dari besaran PK yang dimiliki. Namun, jika melakukan servis di tempat jual AC murah Jakarta, harganya kemungkinan lebih terjangkau.

Sebelum memutuskan untuk mengisi ulang, Anda perlu memastikan apakah freon memang habis atau kerusakan terjadi pada komponen lain. Berikut penjelasan tentang ciri-ciri freon AC yang habis.

 

Apa Saja Ciri-Ciri Freon AC yang Habis?

Sebagai pengguna AC, penting untuk mengenali ciri-ciri freon yang habis agar bisa segera melakukan pengisian ulang. Ciri-ciri penting yang perlu diketahui antara lain:

 

1.   AC Menyala Tapi Suhu Dingin Tidak Terasa

Freon yang mulai berkurang atau bahkan kosong menyebabkan suhu ruangan terasa panas walaupun AC menyala. Sebab, AC tidak mampu menjaga suhu tetap dingin tanpa adanya freon. Walaupun suhu AC disetel paling rendah pun, Anda tidak akan merasakan udara dingin.

Apabila mengalami kondisi tersebut, maka segera matikan AC untuk menghindari kerusakan yang parah. Penggantian freon sebaiknya ditangani langsung oleh teknisi sehingga lebih cepat dan aman.

 

2.   Keluar Hawa Panas dan Suara Bising

Ciri freon habis yang mudah dikenali yakni AC mengeluarkan hawa panas dan suara yang mengganggu. Hawa panas diakibatkan oleh menurunnya kemampuan AC untuk mengubah suhu menjadi dingin dan mempertahankannya.

Suara yang berisik dari AC tentu akan mengganggu aktivitas Anda di rumah. Dengan begitu, penggantian freon perlu dilakukan agar AC kembali bekerja normal.

 

3.   Lampu Indikator Menyala

AC merupakan mesin pendingin ruangan yang dilengkapi dengan lampu indikator. Jika lampu menyala, maka ada komponen AC yang bermasalah, salah satunya freon yang habis. Sebaiknya, segera periksa lampu indikator setelah AC menunjukkan gejala kehabisan freon.

Dengan memeriksa lampu indikator, maka Anda dapat memastikan bahwa memang terdapat masalah dalam AC.

 

Cara Mengatasi Freon Habis Tanpa Biaya Banyak

Mempercayakan pengisian ulang freon kepada teknisi jual AC murah yang berpengalaman merupakan alternatif untuk menghemat biaya. Sebab, penanganan secara profesional akan langsung fokus pada solusi terbaik dalam waktu yang singkat.

Sebelumnya, Anda dapat melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan apakah freon memang habis atau terjadi kebocoran. Cara termudah yakni dengan mengoleskan air sabun pada selang saat AC menyala. Gelembung akan muncul jika memang bocor.

 

Tahukah Anda bahwa freon yang cepat habis atau bocor dapat dihindari dengan memilih AC berkualitas terbaik? Saatnya memilih AC dari merk terbaik yang sesuai kebutuhan di tempat jual AC murah Jakarta. Akses website https://acmurahjakarta.com/ untuk melakukan pemesanan.