Lembaga keuangan adalah sebuah lembaga yang menawarkan produk serta fasilitas dalam bidang keuangan kepada masyarakat. Adanya lembaga keuangan tersebut mempunyai sejumlah fungsi. Sehingga di Indonesia anda pun dapat menemukan lembaga keuangan milik pemerintah. Apa fungsinya ? Yuk simak terus.

Fungsi Lembaga Keuangan

1. Menghimpun Dana

Mampu menawarkan produk serta fasilitas dalam bidang keuangan, lembaga keuangan memiliki fungsi untuk menghimpun dana. Dimana berbagai macam dokumen berharga dapat dikeluarkan oleh lembaga, seperti obligasi, saham, atau dokumen keuangan lainnya. Sehingga masyarakat dapat menghimpun dana dengan cara membeli dokumen keuangan tersebut.

Dan simpanan dana ini nantinya bisa dipakai sebagai tabungan oleh masyarakat. Apabila sudah waktunya, dana yang telah terkumpul bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Perlu diketahui bahwa beberapa produk mungkin mempunyai ketentuan jangka waktu tertentu. Jadi anda dapat memanfaatkannya untuk tabungan jangka panjang maupun jangka pendek.

2. Menyalurkan Dana

Bukan hanya menghimpun dana, namun lembaga keuangan milik pemerintah juga dapat menyalurkan dana. Karena penyaluran dalam rangka pendanaan di berbagai sektor tersebut, bisa diperoleh dari dana yang sudah terkumpul dan dihimpun dari masyarakat. Sehingga dana dapat disalurkan pada sektor ekonomi atau pembangunan dalam periode tertentu.

3. Memberikan Pinjaman

Memberikan pinjaman merupakan salah satu fungsi pokok dari lembaga keuangan. Biasanya masyarakat harus menyerahkan jaminan apabila mengajukan pinjaman pada lembaga keuangan. Ketentuannya yaitu nilai jaminan yang diberikan harus setara dengan jumlah pinjaman yang diajukan.

Jadi semakin besar nilai pinjaman yang ingin didapatkan, maka semakin besar pula nilai jaminan yang perlu disiapkan. Secara umum, adapun barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan yaitu emas, sertifikat rumah, HP, komputer, dan lain sebagainya. Hal seperti itu juga berlaku bagi lembaga keuangan non bank, contohnya koperasi yang menghadirkan layanan simpan pinjam.

4. Memudahkan Transaksi

Fungsi lainnya dari lembaga keuangan yaitu memudahkan transaksi. Itu karena peran strategis lembaga keuangan mengarah ke peningkatan taraf hidup rakyat secara efektif dan efisien. Dimana sudah banyak institusi yang melakukan inovasi dengan fitur yang lebih canggih, membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Tidak heran jika fungsi ini paling bisa dirasakan oleh masyarakat.

5. Pemindah Aset dan Fungsi Likuiditas

Lembaga keuangan milik pemerintah juga berfungsi sebagai pemindah aset dan mempunyai fungsi likuiditas. Pemindah aset dengan cara memberikan sejumlah dana kepada pihak lain dalam jangka waktu tertentu. Sementara fungsi likuiditas berarti lembaga keuangan menyediakan uang tunai bagi masyarakat ketika dibutuhkan. Jadi masyarakat pun tidak perlu risau apabila terjadi krisis uang tunai.

Itu dia kelima fungsi utama dari adanya lembaga keuangan, sehingga pemerintah pun mempunyai sejumlah lembaga keuangan untuk menjalankan fungsi tersebut. Salah satunya ada PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) yang menawarkan pembiayaan. Seperti apa produk dan cara kerjanya ? bisa dilihat langsung di ptsmi.co.id.